artikel

Review IDStalk Berkarya dan Berkarier di Ranah Pendidikan

By  | 

idstalk-abbas (revisi)

  1. Hallo kak @selepasngajar Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Hallo @IDstudentjob 🙂 Alhamdulillah kabar baik 🙂 Saat inimasih mengajar di SMAN 70 juga di http://rumahsinau.org

  1. Ceritain dong dulu kuliah jurusan apa dan kesibukan selama kuliah ngapain aja? #IDStalk

Dulu saya di Biologi UI . Selain kuliah, saya ikut beberapa organisasi dan komunitas 🙂

  1. Mengapa kak @selepasngajar tertarik dengan isu pendidikan? #IDStalk

Awalnya terpanggil di dunia pendidikan karena sering mengajar di waktu kuliah dulu, baik secara komersial/sosial. Mulai dari anak-anak di pinggir kali, hingga mereka yang akan berkompetisi di olimpiade internasional. Dari dibayar pake senyum, dibayar pake gorengan, dibayar per jam 20ribuan, sampai per jam 1 juta juga pernah :’) dan saya menemukan… betapa merubahnya kegiatan pendidikan buat seorang manusia ! Pendidikan adalah pengaruh. Pendidikan adalah mekanisme yang sangat ampuh, buat kita memberi pengaruh ( + atau – ) untuk jiwa seseorang.

  1. Menurut kak @selepasngajar, bagaimana potret pendidikan di Indonesia saat ini? #IDStalk

Indonesia ini potensi SDM nya luar biasa lho. Masa depan kita ada di kualitas pendidikan yang makin baik. Kualitas kita memang masih jauh dari seharusnya sih. Misal, dalam segi guru, riset, budaya baca dll. Kalau boleh urun saran, hal-hal di sekitar guru lah yang harus pertama dibenahi. Misal status dan kompetensi. Tidak melulu soal gaji guru lho. Wewenang guru yang besar (seperti dosen di kampus), harus diwujudkan. Beri ruang yang luas agar guru berfokus untuk menekuni profesinya : mendidik generasi. Mempersiapkan masa depan. Jika punya cukup banyak guru keren, apapun kurikulum, perangkat, jenjang & menterinya, kita pasti jaya 🙂

  1. Menurut kak @selepasngajar, seberapa penting peran anak muda dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan perkembangan pendidikan Indonesia? #IDStalk

MAHA PENTING. Terlebih mereka yang terdidik. Mereka (saya juga dong) memiliki hutang kepada bangsa Indonesia. Menurut saya sih, setiap orang terdidik wajib urun mengajar. Ga harus jadi guru atau ikut Indonesia Mengajar lho. Misal mengajar pada adik-adik, masyarakat sekitar, sekolah terdekat, komunitas. Mengajar sebagai “gaya hidup”. Apa yg diajarkan? Wah. Tiap orang pasti punya ilmu,pengalaman,keterampilan, atau sekedar cerita tuk dibagikan 🙂 Indonesia butuh masa PERCEPATAN. Anak muda seperti kamu & saya bisa menggerakkan rodanya dengan amat cepat.

  1. Menurut kak @selepasngajar, hal apa sih yang dapat dilakukan anak muda saat berkarier dan berkarya di ranah pendidikan? #IDStalk

Anak muda sekarang ini kan mudah belajar dan menguasai begitu banyak hal. Hal2 tersebut harus saling dibagikan. Kreativitas dan semangat generasi kekinian ini wajib ditularkan. Jangan sampai kehilangan daya dan cara. . Ayo cari habitat dan relung (niche/peran) yang bisa kamu isi di ekosistem kehidupan di sekitar kita. 🙂

  1. Sebagai founder @rumahsinau, bisa jelaskan apa sebenarnya Rumah Sinau itu? #IDStalk

Dalam 1 kalimat , RumahSinau = Sarana berbagi ruang untuk aktivitas pendidikan ” 🙂 Its the Airbnb for education. Misal, kamu punya ruang tamu sering kosong (kebanyakan gitu kan :p) , nah di Rumah Sinau , bisa diberdayain lho. Misal jadi tempat les,diskusi,rapat OSIS,kerja kelompok. Ruang tamu mu di sewa per jam. Daftarin aja di Rumah Sinau 🙂 Rumah Sinau ingin memberikan akses yang makin luas untuk kegiatan diluar jam sekolah 🙂 Konsumennya Rumah Sinau secara khusus pelajar, secara umum ya masyarakat. Asalkan buat pendidikan ya boleh 🙂

  1. Apa yang membuat kak @selepasngajar mendirikan @rumahsinau ? #IDStalk

Sewaktu saya ngajar di SMAN28 Jakarta (2013-2015), saya melihat pelajar disana setiap sore bergegas banget… Penasaran saya, ini pada kemana sih kok buru-buru ? Ternyata mereka itu mengejar jam ke bimbel gitu. Mau hujan, macet, jauh, atau sesibuk apapun, kalau buat bimbel mereka kok maksain diri. Kenapa sih ? Ternyata mereka merasa di bimbel mereka dapat sesuatu yang mereka butuhkan. Di sekolah ngga… 🙁 misal, latihan SBMPTN. sedih kan. Apalagi mereka pulang malam gitu. Jam 9. Belum kalau di hari lain ekskul, rapat, kerja kelompok. Disitu saya dapat ide Rumah Sinau , kami ingin berdayakan ruang masyarakat untuk aktivitas pendidikan pelajar. Pelajar (dan masyarakat secara umum) dapat memilih ruang publik di sekitar nya untuk aktivitas pendidikan.

  1. Apa yang menjadi tantangan saat mendirikan @rumahsinau ? #IDStalk

Ide Rumah Sinau akan relatif baru ya. Cukup sulit awalnya membuat masyarakat percaya untuk mendaftarkan ruangannya. Alhamdulilah sejak 2015 lalu kita memenangkan The Next Dev Telkomsel , kita dapat makin banyak jalan & dukungan. terus juga mengumpulkan tim terbaik. Karena saya ingin tim kami punyaa latar belakang di dunia pendidikan juga.. Terus menjaga sudut pandang yang benar. Karena kami ini toh bisnis. Harus sama-sama menguntungkan + berdampak sosial. Alhamdulillah sekarang sudah lebih 100 Host (pemilik ruang) terdaftar. Akan segera ditambahkan ke web ver.2 kami. Mari berperan dengan mendaftarkan ruangan kamu di link ini >> http://rumahsinau.org/host

  1. Terakhir, apa yang ingin disampaikan kak @selepasngajar untuk anak muda yang tertarik berkarier dan berkarya di ranah pendidikan? #IDStalk

Duhai anak muda, apalagi yang terdidik, apalagi yang melek teknologi. Kita punya hutang ke Indonesia nih 🙂 Yuk cicil bayar hutang kita. Mari berbagi ilmu,pengalaman, keterampilan kamu lewat kegiatan pendidikan 🙂   

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *