artikel

Review IDStalk Financial Literacy for Youth

By  | 

idstalk-ppkm_548_c9fa241e4703ace2d0719592a69c8ff054ba7cda

  1. Hallo kak @wahyudi_jamal Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

 Hi @IDstudentjob Alhamdulillah kabar saya baik. Selain di PPKM Indonesia, sehari-hari saya bekrja sebagai auditor & juga menjadi pengajar di STAN.

  1. @wahyudi_jamal Bisa ceritain bagaimana awal mula tertarik di isu financial literacy ? #IDStalk

Saya tertarik dengan financial literacy karena ini adalah “life skills” yang seharusnya dimiliki o/ setiap orang. Financial literacy sangat terkait dengan apa yang terjadi disekitar kita. Banyak permasalahan sosial yang timbul disekitar kita dapat ditarik ke isu financial literacy. Misal, sering kali kita lihat banyak orang yang terjebak dengan hutang, tertipu invest bodong dst. Jadi itu kira-kira alasan saya tertarik dengan isu financial literacy.

  1. @wahyudi_jamal Apa itu PPKM Indonesia dan mengapa akhirnya didirikan? #IDStalk

@ppkmindonesia awalnya adalah kepanjangan dari Pelatihan Perencanaan Keuangan. tp saat ini telah brganti menjadi Yayasan Pengelolaan dan Pengembangan Keuangan Masyarakat Indonesia. @ppkmindonesia adalah organisasi yang didirikan u/ membantu meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia. para pendiri @ppkmindonesia sepakat bahwa literasi keuangan dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Kegiatan @ppkmindonesia berawal dari kompetisi yang diadakan o/ US Dept of State u/ para alumni penerima beasiswa dari USAID. Dan alhamdulillah kegiatan yang kami usulkan terpilih untuk menerima grant tsb. Setelah itu berlanjut sampai sekarang.

  1. @wahyudi_jamal Program dan kegiatan apa saja yang ada di PPKM Indonesia? #IDStalk

@ppkmindonesia punya beberapara kegiatan seperti edukasi keuangan, pngembngn modul, internship, & advokasi ttg literasi keuangan.

  1. @wahyudi_jamal Apa itu financial litracy dan pentingnya pengetahuan ini? #IDStalk

Financial literacy adalah suatu konsep yang mencakup beberapa hal antara lain: financial awareness dan knowledge yaitu pemahaman & pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, mis. pengetahuan tentang jenis produk keuangan, financial skills yi kemampuan ttg pengelolaan keuangan seperti bisa menghitung kebutuhan dana pendidikan, dana pensiun, dst. financial capability yaitu kemampuan mengaplikasikan knowledge dan skills yang sudah dimiliki tadi dalam kehidupan sehari-hari. Penting karena ini adalah life skills yang dibutuhkan sejak kita kenal dengan uang sampai dengan nanti meninggal.

  1. Menurut kak @wahyudi_jamal bagaimana kondisi financial literacy masyarakat Indonesia saat ini? #IDStalk

Survei yg dlakukan OJK thn 2013 menunjukkn bhw pnduduk indonesia yg masuk ke dlm kategori well literate hny 21,84%. Ini termasuk rendah dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

  1. @wahyudi_jamal Apa saja manfaat mengetahui financial literacy sejak dini/muda ? #IDStalk

Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa orang yang memiliki pengetahuan tentang pengelolaan keuangan sejak dini akan memiliki hari tua yang lebih baik. pemahaman tentang financial literacy sejak dini akan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi suatu negara. Orang yang paham tentang literasi keuangan cenderung akan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan. Selain itu,anak muda yg paham tentang literasi keuangan akan dapat menularkan kebiasaan yang baik ini ke sekitarnya. Sehingga akan menimbulkan multiplier efek yg baik bagi pembangunan.

  1. @wahyudi_jamal Apa tantangan dan hambatan paling besar dalam isu financial literacy ini? #IDStalk

Salah satunya adalah belum adanya perhatian yang besar terkait isu ini. Literasi keuangan belum dianggap perlu untuk dikenalkan sejak dini. Padahal seharusnya sejak anak-anak mengenal uang pemahaman tentang literasi keuangan seharusnya mulai diperkenalkan. Selain itu, banyak yang masih menganggap bahwa pengelolaan uang adalah sulit dan anggapan bahwa topik tentang uang adalah topik yang tabu u/ dibicarakan. sehingga banyak yang akhirnya mencari informasi ke tempat yg salah dan salah pula dalam mengambil keputusan.

  1. Terakhir, apa pesan yang ingin disampaikan kak @wahyudi_jamal kepada seluruh anak muda yang sedang menyimak #IDStalk saat ini? #IDStalk

 Pengelolaan uang bukanlah sesuatu yang rumit selama kita tahu caranya.  Untuk itu belajarlah mencari tahu dan bertanya ke sumber yang dapat dipercaya. Otoritas Jasa Keuangan menyediakan banyak sekali resources di web mereka jika ingin mencari informasi tentang literasi keuangan. Saya percaya anak muda adalah agent of change, jadi jika klian sudah punya ilmu tentang literasi keuangan bagikanlah ilmu tsb sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih luas lagi

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *