artikel

Review IDStalk Life as A Marketing Communication

By  | 

edwin-idstalk

  1. Hallo kak @edwinmarcel Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Hi @IDStudentJob! Kabar baik & thanks for having me. Nama aku Marcel & saat ini bekerja sebagai salah satu konsultan di Maverick. Saat ini aku menangani klien” IT dan Lifestyle u/ Marketing Communications.

  1. Bisa ceritakan bagaimana awal mula kak @edwinmarcel berkarir sebagai Marketing Communications di Maverick? #IDStalk

Awalnya, aku disarankan teman yang waktu itu bekerja sebagai salah satu konsultan di Maverick untuk  ikut program magang tahunan – The Recruit. Status aku waktu itu adalah seorang lulusan Ilmu Komputer dari salah satu universitas swasta di Jakarta tanpa pengalaman di bidang komunikasi. Namun aku tahu bahwa salah satu passion aku adalah di bidang komunikasi, akhirnya aku beranikan diriku untuk ikut The Recruit. Setelah melewati 3 tahapan kompetisi #TheRecruit, aku dinobatkan sebagai pemenang #TheRecruit2014 & berhak untuk magang selama 3 bulan. Saat magang, aku diberikan kepercayaan untuk menangani strategi komunikasi @MicrosoftID dan beberapa klien lainnya. Setelah selesai magang, aku ditawarkan untuk menjadi karyawan tetap di Marketing Communications. So much win! 🙂

  1. @edwinmarcel Bagaimana rasanya bekerja di Maverick? #IDStalk

Simply AMAZING! Some says bahwa what keeps one to stay at current job adalah ambience dan chemistry and it’s true. Di Maverick, untuk lulusan IT seperti aku yang tidak punya latar belakang di dunia Komunikasi dibantu dengan adanya berbagai training. Konsultan diberikan training mingguan mencakup hard&soft skill untuk menunjang performaku sebagai konsultan komunikasi. Maverick juga percaya yang namanya Work-Life Balance. Setelah pukul 17.30, konsultan diharuskan pulang & have life outside the office. Selain itu juga, kita ada berbagai kegiatan lainnya seperti yoga, movie night, outing, dan aktivitas seru lainnya.

  1. @edwinmarcel Apa yang menjadi tanggung jawab dan peran seorang marketing communications di Maverick? #IDStalk

Semua konsultan terlepas bidangnya wajib memberikan konsultasi yang mampu membantu tantangan yang dihadapi oleh klien. Selain itu, konsultan Marcomm juga harus keep up to date dengan current issue di industri klien & dunia marketing. Yang pasti, strategi komunikasi yang dihasilkan harus dapat menyampaikan pesan yang dimiliki dengan jelas ke public.

  1. Menurut ka @edwinmarcel skill apa yang dibutuhkan sebagai seorang marketing communications? #IDStalk

Writing, skill paling penting yg wajib dimiliki oleh semua konsultan untuk dokumen klien & media seperti press release, brief doc dll. Creative Thinking, untuk menghasilkan ide-ide kreatif & fresh untuk activation/campaign klien supaya stand out. Media Relations, untuk yg ini konsultan wajib memiliki pengetahuan media dan network yg luas. Consulting, comes with experience. Seiring berjalan waktu kamu akan terkespos dengan beragam tipe klien dan industry. Masalah/isu yang akan kamu tangani nantinya menjadi pengalaman tersendiri untuk memberikan saran bagi klien kedepannya.

  1. Menurut kak @edwinmarcel apa yang menjadi tantangan seorang marketing communication dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat? #IDStalk

Seiring dengan berkembanganya channel komunikasi, semakin sulit untuk membedakan antara apa itu advertising dan PR. Selain itu, dewasa ini komunikasi tidak hanya bergantung pada conventional media saja, namun juga social media. Oleh sebab itu, konsultan harus selalu one step ahead dalam hal penggunaan media yg cermat #melekteknologi.

  1. Tadi kak @edwinmacel menjelaskan bahwa kakak merupakan lulusan program ‘The Recruit’. Boleh diceritakan sedikit tentang programnya? #IDStalk

Program The Recruit merupakan program magang tahunan berbasis kompetisi yang diadakan Maverick sejak tahun 2012. Untuk magang di Maverick, kandidat diwajibkan melewati 3 tahapan yg bertujuan untuk menguji kemampuan dasar komunikasi. Setelah keluar sebagai pemenang, pemagang pun diberikan kesempatan magang selama 3 bulan di Maverick. Waktu itu aku diberikan kesempatan untuk menangani klien Maverick yaitu Microsoft yang sesuai dengan latbel. And guess what? tahun ini, pemenang akan diberikan kesempatan juga untuk magang di Microsoft dan Femina!

  1. Bagaimana tahapan The Recruit hingga kak @edwinmarcel berhasil magang di Maverick? #IDStalk

3 tahapan tersebut diantaranya pembuatan LinkedIn CV, dimana kandidat akan dinilai melalui online professional portfolio mereka. Pembuatan proposal komunikasi berdasarkan tema yang ditentukan untuk menilai kemampuan berpikir dan konsultasi kandidat. Final round di kantor Maverick dimana finalis akan diminta mempresentasikan proposal ke 3 pakar komunikasi Indonesia.

  1. @edwinmarcel Seberapa penting kehadiran program “The Recruit” dari Maverick bagi mereka para mahasiswa dan freshgraduate untuk memulai professional karier? #IDStalk

Penting banget. The Recruit serves as a platform bagi kalian yang punya minat dan bakat di bidang komunikasi. Selain itu saat magang, kalian akan dilibatkan langsung dengan klien bukan hanya kerjaan administratif. You guys make the decision!. Kapan lagi magang langsung dealing dengan projek dan klien MNC? One of the ways adalah melalui program magang The Recruit 🙂

  1. Terakhir, apa pesan dan tips yang ingin kak @edwinmarcel sampaikan kepada anak muda yang ingin berkarir sebagai Marketing Communications? #IDStalk

If you have the will, there will be a way. Untuk kalian yg jurusan komunikasi, saatnya untuk terjun langsung di industri ini. Untuk kalian yang dari komunikasi seperti aku, don’t be afraid! If you really like it, it’s time to follow your passion!. Akhir kata, semoga sharing dari saya berguna bagi kalian semua. Hidup komunikasi dan terima kasihi! 🙂

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *