artikel

Review IDStalk Life as Technopreneur and Programmer

By  | 

idstalk-asep-fix-2

  1. Hallo mas @bepitulaz Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Halo! Sekarang lagi sibuk di Froyo, mengurus 2 unit bisnis kami Froyo Story dan Froyo Framework. Froyo Story itu digital agency dan Froyo Framework itu coding school.

  1. @ bepitulaz Bisa ceritain awal mula tertarik di bidang teknologi dan programming? #IDStalk

Sebetulnya saya sudah senang ngoprek komputer itu dari kelas 3 SD sekitar tahun 97an mungkin. Bapak saya beli laptop pentium 1 untuk pekerjaannya. Lalu mengajari saya cara pakainya. Eh ujung-ujungnya saya malah oprek sendiri dan jadi lebih pinter dari bapak saya hahaha. Kalau untuk programming saya kenal waktu kelas 2 SMA. Sekitar tahun 2004an. Yang mengajari saya waktu itu guru akuntansi saya. Akhirnya malah keterusan suka programming sampai sekarang. Oh ya, saya juga eaktu kuliah mengambil jurusan Akuntansi juga. Bukan IT seperti kebanyakan orang kira.

  1. @bepitulaz Sebagai founder dari Froyo Kreatif, bisa jelaskan apa itu Froyo Kreatif? #IDStalk

Froyo Kreatif atau lebih sering disingkat Froyo saja. Awal berdiri namanya Amazing Milk tahun 2012. Karena ada perbedaan visi dengan beberapa founder, akhirnya pada tahun 2013 berubah nama menjadi Froyo. Business core kami ada di bidang digital marketing agency dengan nama Froyo Story. Lalu pada awal 2016 ini kami menambah unit bisnis baru bernama Froyo Framework (ww.framework.id ). Froyo Framework ini bisnisnya adalah mengajari orang untuk belajar programming. Offline, ada mentornya.

  1. Menurut mas @bepitulaz apa sih pentingnya memiliki skill di bidang teknologi dan programming bagi diri sendiri, masyarakat, dan bangsa? #IDStalk

Di era di mana semuanya serba digital dan aliran data mengalir deras. Jelas penting sekali. Ada ketrampilan dasar baru yg harus dikuasai. Namanya computational thinking. Banyak artikel yang membahas ini. Singkatnya sih computational thinking itu bagaimana kita memecahkan problem secara sistematis dan terstruktur. Lalu dari solusi yang sudah terpikirkan bisa diekspresikan dalam bentuk kode pemrograman. a kalaupun belum bisa memprogram sendiri, minimal bisa menjelaskan solusi yang terpikir tersebut ke programmer lain untuk mewujudkan ide dan solusi dari sebuah masalah.

  1. Menurut pengalaman mas @bepitulaz hal apa yang paling menarik yang bisa dirasakan saat memiliki skill di bidang teknologi?

Yang paling asik itu saat ada ide yang berhubungan dengan teknologi, bisa langsung diekspresikan dan diwujudkan. Tanpa harus meminta bantuan orang lain atau merogoh kocek untuk sekedar bikin purwarupa

  1. Menurut mas @bepitulaz peluang karier apa saja yang bisa didapatkan selain sebagai programmer? #IDStalk

Teknologi itu hanya alat bantu. Jadi sebenarnya agak sulit untuk berdiri sendiri. Teknologi menempel di setiap pekerjaan dan karir apa pun. Misal: kamu musisi, Kamu memproduksi lagu dg menggunakan komputer, itu artinya kamu sudah menggunakan teknologi digital di karirmu, Atau kamu petani, lalu belajar tentang machine learning. Kamu bisa memprediksi panenmu dengan lebih akurat. Kamu akuntan? Bisa melakukan otomatisasi book keeping kalau kamu mengerti pemrograman. Itu hanya beberapa contoh. Intinya kalau paham teknologi dan pemrograman. Sky is your limit.

  1. @bepitulaz Bagaimana keadaan supply/jumlah orang yang memiliki skill teknologi dengan demand/permintaan di bidang teknologi? #IDStalk

Ada gap yang cukup lebar di sini. Kebutuhan industri sangat tinggi, tapi supply tenaga kerja belum banyak. Kualitas lulusan S1 IT juga tidak sesuai standar industri. Banyak yang belum siap kerja. Sekedar contoh: Masih ada loh mahasiswa IT semester akhir yang gak ngerti tipe data.

  1. @bepitulaz Apa tantangan saat berkarier di bidang teknologi dan programming? #IDStalk

Teknologi khususnya programming, itu berubah sangat cepat. Hampir setiap saat ada tools baru atau teknik baru. Ini menuntut kemampuan belajar dengan cepat, terutama kalau ingin terjun di industri.

  1. @bepitulaz Bagaimana memulai mempelajari skill di bidang teknologi bagi mereka yang bukan memiliki background IT sebelumnya? #IDStalk

Yang paling penting asah logika berpikir. Karena programming tidak seperti cinta yg kadang tak ada logika  Setelah itu tentukan kamu mau memprogram di platform apa. Web? Android? iOS? Windows? Linux? Mac? Hardware? arena programming itu luas. Kamu ga akan bisa kuasai semuanya. Lalu pilih bahasa pemrograman sesuai platform.. Sudah pilih bahasa pemrograman. Fokus dulu di satu itu sampai menguasai semua konsepnya. Kalau sudah menguasai 1 saja. Pindah ke bahasa lain atau platform lain itu akan gampang. Lalu jangan lupa cari mentor atau rekan diskusi. Karena belajar programming itu kadang bisa sangat membosankan. Kalau susah cari mentor. Datang aja ke Framework di BSD City, kita bisa bantu. *Ngiklan ;p

  1. Terakhir, apa tips dan pesan yang ingin disampaikan mas @bepitulaz bagi mereka yang ingin berkarier dan berkarya di bidang teknologi? #IDStalk

Jangan gampang patah semangat kalau nemu masalah di pemrograman. Tanya di forum atau tanya mentor. Belajar bahasa Inggris minimal baca tulis. Karena kebanyakan literatur itu dalam Bahasa Inggris. alau tertarik untuk belajar programming hardware. Belajar juga Mandarin. Kebanyakan dokumentasi pakai Hanzi. Asah terus. Biarkan dirimu terpapar banyak masalah pemrograman, semakin sering terpapar skill-mu makin tajam. Yang paling penting jangan gampang menyerah. Sekian dan terima kasih.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *