artikel

Review IDStalk Millenials and Investment

By  | 

idstalk rifa

  1. Hallo kak @rifamulyawan Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Halo juga @IDstudentjob, Alhamdulillah kabar baik. Saat ini sedang menjalani keseharian bekerja di @TalkToPhillip, hehe

  1. Apa sih Phillip Securities itu dan apa yang membuat kak @rifamulyawan memilih bekerja disana? #IDStalk

Phillip Securities adalah salah satu perusahaan sekuritas yang terdaftar di bawah Bursa Efek Indonesia. Tahu kan, jenis perusahaan ada perusahaan tertutup dan perusahaan terbuka. Kalau perusahaan terbuka itu berarti perusahaan yang sahamnya dapat dimiliki/dibeli oleh masyarakat umum. Nah untuk membeli saham perusahaan terbuka tersebut harus melalui perusahaan sekuritas. Adalah perusahaan sekuritas yg merupakan bagian dari Phillip Capital, dengan jaringan global di 16 negara. Saya memilih bekerja di @TalkToPhillip karena ini bukan perusahaan sekuritas biasa, hehe… tapi value driven company. Miliki perhatian besar terhadap edukasi pasar modal kepada masyarakat luas, bahkan itu misi perusahaan. Saya tentu senang, tempat saya bekerja bukan profit-oriented semata, namun juga peduli dengan investasi di tanah air.

  1. Apa saja yang menjadi tugas dan kewajiban kak @rifamulyawan sebagai assistant marketing manager di Phillip Securities? #IDStalk

Kami di tim marketing lakukan berbagai tugas terkait prencanaan serta penerapan integrated marketing communications. Mulai dari pmbuatan konsep & konten marketing kit (poster, brosur, banner), iklan untuk di media, media relations, kampanye untuk pasarkan brand, bekerja sama dengan partner & komunitas, adakan berbagai event, dll yang terkait. Intinya kami coba buat & sampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan, tentang ajakan investasi di pasar modal. serta juga sampaikan tentang bagaimana @TalkToPhillip dapat membantu orang-orang dalam berinvestasi & capai tujuan keuangannya.

  1. Menurut kak @rifamulyawan, apa sih sebenarnya makna dari investasi itu? #IDStalk

Kalau kita lihat di KBBI, arti investasi kira-kira penanaman uang dalam suatu perusahaan/proyek untuk peroleh keuntungan. Intinya, investasi merupakan upaya ciptakan keuntungan di masa depan, lewat suatu aksi yang dilakukan pd saat ini. Analoginya begini, bayangkan kita di taman yang sejuk, dikelilingi pepohonan, yang indungi kita dr terik matahari. Pohon-pohon di tempat tersebut bukanlah pohon yang baru ditanam hari ini juga, bukan ada secara instan. Kita bisa nikmati krn pohon-pohon tersebut ditanam beberapa tahun lalu. Kita nikmati hari ini karena aksi yang kita lakukan di masa lalu. Seperti itulah kira-kira investasi. Kita lakukan sesuatu saat ini, agar kelak kita nikmati hasilnya di masa depan. Agar pohon dapat terus berkembang, kita perlu rawat. Kita juga harus mempelajari tentang cara merawat pohon tersebut. Begitupun investasi, kita perlu plajari dulu agar kita tahu cara ‘merawatnya’ & kemudian dapet terus brkembang.

  1. @rifamulyawan Bagaimana tren investasi di kalangan anak muda khususnya generasi millennial saat ini? #IDStalk

Berdasarkan data BEI, di Mei 2016 investor Indonesia (yang investasi di pasar modal) sebesar 600 ribuan org saja. kalau jumlah penduduk Indonesia 250 juta, berarti ga sampai 0,5% orang Indonesia yg berinvestasi di pasar modal. Hal ini cukup memprihatinkan, mengingat jumlah investor lokal bisa berpengaruh terhadap kekuatan ekonomi nasional. Negara tetangga kita, Singapura, jumlah investor lokalnya mencapai lebih dari 30%, di Malaysia mencapai 20%. Kita perlu lebih banyak lagi investor lokal, untuk semakin memperkuat perekonomian negara kita. Generasi millenials saat ini akan menjadi penggerak di Indonesia pada 20-30 tahun mendatang. Kalau anak2 muda di Indonesia saat ini banyak yang sudah mulai investasi, 20-30 tahun lg negara kita bs smakin kuat. Oh iya, positifnya, tren investasi di kalangan anak muda saat ini rasanya sudah mulai meningkat, apalagi jika dibandingkan dengan zaman waktu saya kuliah dulu (nggak dulu-dulu banget sih, haha). Di acara-acara yang diselenggarakan o/ @TalkToPhillip terlihat sudah banyak anak muda yang miliki ksadaran ttg finansialnya. Semoga tren positif ini terus meningkat, dan diikuti kalian juga dong  yah, hehe.

  1. @rifamulyawan Seberapa penting anak muda perlu mengetahui perihal investasi sedari dini? #IDStalk

Kita perlu merencanakannya sejak dini, agar impian-impian tersebut bisa terwujud, misalnya, simpan uang per bulan utk biaya berlibur, menikah, naik haji, membeli rumah, atau bahkan dana pensiun. Masalahnya, jika kita simpan hanya di tabungan di bank saja, nilai uang kita justru bisa berkurang, karena inflasi. Inflasi membuat nilai uang kita tidak sama, 5 tahun lalu dg Rp 5.000 kita bs beli 5 mie instan, saat ini, hanya dapat 2 atau 3. Nah bisa jadi, uang yang sudah kita simpan secara teratur di bank untuk biaya menikah 5 tahun lagi, pas 5 tahun lagi biaya nikahnya udah gak segitu, uang yang sudah kita siapkan jadi gak cukup, hehe. Karena rata2 return/bunga simpan uang di bank untuk jangka menengah/panjang, umumnya tidak dapat mengalahkan inflasi. Sebaliknya, secara historis (berdasarkan yang sudah-sudah), jika diinvestasikan di asset keuangan seperti reksa dana, uang kita bisa tidak tergerus oleh inflasi, bahkan umumnya bisa meningkat. Semakin dini kita menyadari hal ini, tentu semakin baik karena kita akan semakin cepat dapat mewujudkan impian.

  1. @rifamulyawan Sebagai anak muda, jenis investasi seperti apakah yang bisa dilakukan atau dicoba? #IDStalk

Anak muda dapat memulai berinvestasi saham ataupun reksa dana. Keduanya adalah contoh jenis investasi yg saat ini mudah dilakukan dan terjangkau. Berinvestasi saham berarti membeli saham perusahaan terbuka yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ketika harga saham perusahaan tersebut naik, maka otomatis kita dapatkan keuntungan dari kenaikan harga tersebut. Jika ingin investasi saham, kita perlu perhatikan & pelajari sendiri ke perusahaan mana kita ingin berinvestasi. Jika ingin lebih sederhana, kita bisa berinvestasi reksa dana. Dengan berinvestasi reksa dana, berarti uang kita dikelola oleh ahlinya yang disebut Manajer Investasi. Karena dikelola oleh Manajer Investasi, kita tidak perlu repot-repot dan habiskan waktu dalam mengelola investasi. Kita hanya perlu memantau saja melalui laporan yang diberikan oleh Manajer Investasi. Jadi, mau saham atau reksa dana, terserah Kamu, yang penting ketahui dulu benefit dan risiko masing2 ya. Di app POEMS ID atau http://poems.co.id  dr @TalkToPhillip, Kamu bisa investasi saham atau reksa dana, online, loh.

  1. @rifamulyawan Hal-hal apa yang harus diperhatikan anak muda khususnya millenials saat memulai investasi? #IDStalk

Sebelum berinvestasi, tentu kita harus mengetahui dulu tujuan kita berinvestasi. Kita jg perlu ketahui profil risiko kita, apakah trmasuk agresif, moderat, atau konservatif (bisa tes di @TalkToPhillip). Setelah itu, kita perlu pelajari investasi mana yang cocok untuk penuhi tujuan tersebut & yang sesuai dengan profil risiko kita. Kalau ingin berinvestasi reksa dana, teman-teman bisa pelajari lebih lanjut di sini: http://www.reksadanaku.com . Tentu kita juga perlu sekali mempelajari perusahaan Manajer Investasi yang akan mengelola uang kita. Phillip Securtities saat ini sediakan supermarket reksa dana online (semacam e-commerce utk reksa dana), bernama POEMS ProFunds. Di POEMS ProFunds, trdapat lebih dri 100 produk reksa dana dari 21 Manajer Investasi rekanan yang terpercaya.

  1. @rifamulyawan Apa tantangan/hambatan yang biasa dihadapi generasi millenials saat berinvestasi? #IDStalk

Banyak millenials yang menganggap investasi itu ‘bukan untuk saya’. Hal tersebut bisa jadi karena belum sadari pentingnya investasi, atau anggap investasi itu sulit, ribet, butuh uang banyak. Padahal, seperti yang sudah  dijelaskan tadi, investasi itu penting. Saat ini sangat mudah dilakukan & terjangkau pula. @TalkToPhillip memiliki aplikasi investasi yang dapat diunduh melalui PlayStore atau AppStore yang bernama POEMS ID. Sehingga saat ini berinvestasi dpt dilakukan semudah belanja online, & bisa dilakukan mulai dari 100ribu saja. Ya, dengan 100ribu, kini bisa investasi. Sisihkan 100ribu perbulan utk investasi masa ga bisa? Ga bsa atau gak mau? Hehe

  1. Terakhir, apa yang ingin disampaikan kak @rifamulyawan bagi para generasi millenials untuk belajar dan memulai berinvestasi? #IDStalk

 Ayo belajar investasi dari sekarang, mulai investasi secepatnya. Makin cepat makin baik, loh, hehe. Banyak anak muda yang saya temui bilang belum mau investasi karena ga punya uang banyak & merasa masih trlalu muda. Padahal, investasi itu justru biar kaya, bukan nanti tunggu kaya dulu baru berinvestasi, hehe. Investasi baik dilakukan u/ masa depan, termasuk untuk simpanan di hari tua, bukan nanti dilakukan kalau sudah tua, hehe. Investasi sekarang, bukan nanti kalau sudah kaya, apalagi nanti kalau sudah tua 😉

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *