artikel

Review IDStalk “New Year : New Resolution and New You”

By  | 

Bahar Sangkur merupakan seorang sarjana kedokteran yang sebentar lagi akan segera meraih gelar dokter. Selain sebagai calon dokter, Bahar Sangkur juga banyak prestasi nya lho. Prestasi nya antara lain Danamon Young Leaders Award 2013, Nutrifood Leadership Award 2013, XL Future Leaders 2013. Kak @bahar_sangkur jg sbg Indonesian delegation di APEC Voices of The Future 2013, ASEAN Youth Forum 2014, Myanmar, Delegasi Indonesia di ASEAN Youth Leaders Camp 2014, Thailand, Open Government Partnership Asia Pacific Regioanal Conference 2014 serta dinobatkan sbg ambassadors YOLO Traveller oleh Glow For Indonesia. Pada sesi IDStalk kali ini, Bahar Sangkur menceritakan pengalaman resolusi tahun barunya serta memberikan tips dan pesan dalam menyusun resolusi tahun 2016 bagi anak muda.

 idstalk Bahar Sangkur

  1. Hallo  kak Bahar! Gimana kabarnya di hari pertama tahun 2016 ? J #IDStalk

Hallo, Alhamdulillah luar biasa, disini kalau d Bali kami bilang becik-becik (baik-baik. red)  Semoga sahabat di seluruh Indonesia juga dalam keadaan baik dan sehat. Dan terimakasih sudah mengundang saya untuk sharing di malam yang spesial ini.

  1. Ceritain dong resolusi di tahun-tahun sebelumnya dan pencapaian yang berhasil diraih? #IDStalk

Dengan senang hati @IDstudentjob , saya mulai dengan Resolusi 2014 : Ke luar negeri pertama kal & memulai sebuah bisnis. Alhamdulillah waktu itu berhasil ke luar negeri. Tempat yang dulu guru SD ku tantang untuk kami jelajahi.Terasa lebih spesial karena keluar negeri pertama ini sambil belajar dan gratis. Saya mdpt kesempatan untuk menjadi duta Indonesia dalam Asean Youth Forum Myanmar,& Asean Youth Leadership Camp Thailand. Memulai bisnis, Alhamdulillah berhasil dg memperoleh dana hibah Dikti dlm program mahasiswa wirausaha Universitas Udayana. Lanjut ke Resolusi 2015 : Ke Benua Eropa & melebarkan sayap bisnis. Ke Eropa, blm berhasil. Krn waktu pendidikan dokter muda di rumah sakit yg tdk memungkinkan ditinggalkan lagi terlalu lama. Ini dilematis krn smpt di undang di sebuah konferensi, tapi akhirnya stlh berbagai pertimbangan tdk melanjutkannya. Melebarkan bisnis, Alhamdulillah berhasil dg membuat jasa rental action camera di Bali. Dari awalnya 1 unit menjadi 11 unit kamera.

  1. Apa aja resolusi kak Bahar di tahun 2016 ini? #IDStalk

Pertama, menjadi salah satu lulusan dokter terbaik. Kedua, mendapat beasiswa penuh ke USA. Ketiga, menjadikan bisnis rental action camera yg sedang saya bangun bersama teman2 sebagai salah satu yang terbaik di Bali.

  1. Menurut kak Bahar, apa sih arti dari tahun baru dan pentingnya resolusi di tahun baru bagi diri sendiri? #IDStalk

Tahun baru itu hari perenungan, dimana kita mengevaluasi hal- hal yang sudah 1 tahun dilakukan. Tahun baru itu harapan, dimana kita memiliki 365 hari baru untuk berkarya setahun kedepan. Resolusi di tahun baru menurut saya penting dilakukan krn utk membuat kita lebih introspeksi & tertata dalam meraih impian. Walaupun sebenarnya resolusi tdk harus di tahun baru dibuat, di hari apapun boleh dan bisa dibuat. Seorang sahabat saya ada yang lebih memilih hari kelahirannya untuk membuat resolusi, menarik bukan 🙂

  1. Apa aja suka duka serta tantangan/hambatan yang pernah dialami saat menjalankan resolusinya tahun lalu? #IDStalk

Jujur tahun lalu tahun yg sulit, tanggung jawab sbg dokter muda di rumah sakit yang sangat padat. Terkadang waktu untuk tidurpun tidak ada karena harus jaga UGD semalaman, namun inilah jalan yg harus saya lalui. Dikarenakan sudah mengambil cuti terlalu sering di 2014, saya jg harus mengorbankan resolusi seperti ‘resolusi ke Benua Eropa. Hal ini untuk mewujudkan harapan orangtua saya yg sangat ingin melihat anaknya lulus tepat waktu. Di luar tsb saya yakin ini yg terbaik, saya lebih bisa mengatur waktu dg lebih baik, mensyukuri waktu luang, dan nikmat sehat.

  1. Apa tips khusus dari kak Bahar saat mengalami kegagalan menjalankan resolusi? #IDStalk

Tips pertama, maafkanlah dirimu. Terkadang untuk beberapa orang mereka menganggap kegagalan adalah akhir dari segalanya (termasuk saya dulu). Hal ini membuat penyesalan yang mendalam serta berlarut- larut, ini yang tidak produktif dan membuang- buang waktu. Sekali lagi maafkanlah dirimu karena memang hanya manusia biasa & penuh keterbatasan. Lupakan, tidak perlu terlalu dipikirkan, jadikan pembelajaran, dan terus melangkah kedepan. Tips kedua, yakinlah bahwa sebaik-baik rencana kita manusia, rencana Tuhan jauh lebih baik dari yang kita punya. Saya pernah alami, contohnya 3 tahun yg lalu saya dicalonkan untuk menjadi ketua rohis di FK Unud, ternyata saya gagal (kalah). Beberapa minggu kemudian saya mendapatkan amanah untuk menjadi ketua BPM FK Unud. Disana saya baru sadar ternyata Tuhan memiliki rencana yang lebih besar dan lebih baik untuk saya kala itu.

  1. Menurut kak Bahar, bagaimana merencanakan resolusi tahun baru yang baik? #IDStalk

Pertama, renungkan kekurangan yang terjadi di tahun lalu. Hal ini penting dilakukan untuk dapat memperbaiki apa yang belum bisa dicapai, merubah apa yang sudah tidak relevan. Kedua, buat beberapa rencana besar. Ambil secarik kertas dan tuliskan impian- impian yang ingin dicapai d th tsb. Lalu sortir 2-3 point yang dianggap lbh penting. Gunakan metode S.M.A.R.T Goals (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time-bound) dalam mendeskripsikan impian tsb. Contoh, resolusi belajar ke USA ; Mengambil master program public health di Harvard University dg beasiswa LPDP pd akhir 2016. Dengan menjabarkannya secara rinci seperti itu maka akan lebih terarah dan tervisualisasikan untuk kita raih. Ketiga, buat rencana-rencana kecil untuk mendukung menggapai rencana besar tersebut. Contoh tentang resolusi belajar ke USA : mencari informasi pendaftaran dan persyaratan, les bahasa asing untuk meningkatkan TOEFL. Dan terakhir, gambar resolusimu, berikan warna yang membangkitkan gairah lalu tempel di depan meja belajarmu. Dengan demikian akan lebih tervisualisasi dan selalu terbayang (taruh selalu mimpimu 5cm di depan keningmu kalau di film 5cm 🙂

  1. Apa aja sih criteria kesuksesan dari resolusi yang telah kita buat? #IDStalk

Saya yakin kriteria kesuksesan setiap orang berbeda-beda, mungkin ini juga yang akan terjadi diantara kita. Ada yang menganggap kesuksesan itu dilihat dari hasil akhir. Tercapai – tidak tercapai. Berhasil-gagal. Menang-kalah.

  1. Terakhir, apa pesan khusus kak Bahar untuk anak muda Indonesia agar semangat membuat resolusi dan perubahan? #IDStalk

Untuk sahabat ku yang baik hati di seluruh Indonesia, sebelumnya selamat tahun baru 2016. Ada beberapa jalan kesusksesan yang bisa kita dapatkan dalam hidup ini. Yang pertama ‘by accident’ dan yg kedua ‘by design’. Dg membuat sebuah perencanaan dan resolusi yang baik maka kesuksesan akan lebih mungkin utk kita raih ( sukses ‘by design’). Jangan hanya membiarkan hidup kita mengalir bagai air, menunggu kebaikan dan kesuksesan tanpa berusaha (sukses ‘by accident’ ). Akhir kata selamat membuat resolusimu, terus memperbaiki diri dan mari sukseskan generasi emas Indonesia 2045 nanti.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *