artikel

Review IDStalk Sahabat Pulau Indonesia

By  | 

idstalk isra

  1. Hallo kak @isra_rddn Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Hi Semua, saya baik saat ini sedang mempersiapkan beberapa project Sahabat Pulau di bulan September. Insha Allah ada beberapa kegiatan yang akan kami laksanakan di bulan September. Untuk detailnya, kami akan update.

  1. @isra_rddn Bisa ceritakan apa itu Sahabat Pulau Indonesia? #IDStalk

Sahabat Pulau komunitas anak muda yang peduli pendidikan di wilayah pulau dan pesisir di Indonesia. Selain pendidikan, kami juga melakukan kegiatan di bidang pemberdayaan ekonomi Ibu-ibu  di Pulau tersebut. Project site kami ada di 29 chapter di 11 Provinsi. Untuk lebih lengkapnya teman-teman bisa cek di http://www.sahabatpulau.org.  Program di Sahabat Pulau ada Youth Volunteer Camp, One Youth One Child, Rumah Baca, & DESA-Preneur.

  1. @isra_rddn Bagaimana awal mula saat Sahabat Pulau Indonesia didirikan? #IDStalk

Sahabat Pulau berdiri pada 25 Maret 2012 dan di resmikan di at @atamerica Jakarta. Saat itu beberapa anak muda bertemu setelah pulang dari pendidikan di US dan membicarakan tentang gerakan pendidikan. Sahabat Pulau merupakan kolaborasi anak muda lintas ALumni dan organisasi Seperti, IELSP, PPAN, FIM, KPN, OSIS.

  1. @isra_rddn Apa saja program/kegiatan yang dimiliki oleh Sahabat Pulau Indonesia? #IDStalk

Youth Volunteer Camp : Camp untuk volunteer baru yang akan bergabung. One Youth One Child : Mentoring kakak asuh adik asuh, kirim beasiswa dan Surat. Rumah Baca Harapan : Rumah Baca di setiap chapter. DESA Preneur : comDev melalui produksi produk hasil laut kerja sama dgn Ibu2 di Pulau dan local partner. Learning Centre : Rumah Baca digital sbg digital literacy. Saat ini ada di Tasikmalaya dan Pulau Selayar.

  1. Sebelum di Sahabat Pulau Indonesia, pengalaman karir/organisasi apa yang kak @isra_rddn. sebelumnya? #IDStalk

Saya dulu aktif di Serikat Mahasiswa Univ.Paramadina, HIMA, Paramadina Choir. Saya juga aktif di organisasi alumni program kemenpora PCMI Jakarta serta di Gerakan Mari Berbagi. Dulu sempat bekerja di salah satu e-commerce selama 3 tahun. Sejak July 2015 Full-time di Sahabat Pulau.

  1. Apa alasan kak @isra_rddn akhirnya bergabung dan menjadi tim di Sahabat Pulau Indonesia? #IDStalk

Saya bergabung sejak 2012. Akhir, awalnya coba-coba, karena bosan dengan  kegiatan kampus. Akhirnya betah dan bersyukur jadi bagian dalam perjalanan nya banyak hal membuat saya bersyukur menjadi bagian Sahabat Pulau intinya mencoba berkontribusi. Apapun alasannya selama 4 tahun ini saya menemukan alasan yang tepat untuk terus berjuang bersama volunteers lain.

  1. Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab kak @isra_rddn sebagai Public Relations Sahabat Pulau Indonesia? #IDStalk

Intinya mengatur semua hal yang berhubungan dengan Komunikasi Sahabat Pulau. Baik internal maupun eksternal. Mulai dari sosmed, publikasi, hubungan ke Media, Buatin grant planning, Annual Report, hubungan ke Donor, Dll. Selain itu tergantung project juga, kadang jadi Project Manager, ngurusin volunteers dan jadi pengurus Yayasan.

  1. Apa suka duka yang dialami kak @isra_rddn selama menjadi tim public relations di Sahabat Pulau Indonesia? #IDStalk

Suka : Bisa keliling-keliling Indonesia yang super kece, main-main di Pantai terus, berenang terus sampe keliling. Ilmu waktu kuliah lumanyan banyak yang terpakai. Bisa ketemu banyak orang baru hampir tiap hari. Ketemu adik-adik. Setiap ada sesi dengan anak-anak selalu momentnya bahagia. Melihat ekspresi mereka, tawa dan senyum adik- adik kita. Duka : Banyak masalah di Lapangan yang kadang ga bsa kita kontrol. Jatuh nya bikin kesel dan lelah sndiri. beberapa bulan yang lalu, di salah Pulau di sulawesi, saya dan anak-anak melihat bapak-bapak buang sampah kelaut, padahal baru selesai sesi dengan anak-anak tentang tidak boleh buang sampah di laut. Pernah traktir adik-adik di MCD, mereka tinggal di depan MCD tapi baru pertama masuk kesitu. Pengen Nangis malu, tapi begitulah. Intinya, setiap moment itu berharga baik suka&duka. And I choose to never take those moment for granted.

  1. Menurut kak @isra_rddn mengapa anak muda perlu terlibat dalam penyelesaian masalah pendidikan di seluruh Indonesia? #IDStalk

Karena kita adalah generasi penerus, jadi harus miliki kepekaan nurani & Sosial. Bagi saya ini juga cara saya bersyukur atas berkah Tuhan yang luar biasa dalam hidup saya. Ah, come on. Mengkritik tanpa aksi sudah tidak jaman. Did a little things Better than getting sunk in the sorrow. Kasihan pemerintah, ayo kita sama-sama bantu. Kan mendidik bukan hanya tugas guru, tapi saya sebagai yang terdidik. Saya besar di konflik, INA tinggi potensi konflik. Dan Pendidikan adalah solusi mutlak untuk itu. Education, Educate, Educated. Together we can make Indonesia Better.

  1. Terakhir, apa pesan yang ingin disampaikan kak @isra_rddn kepada seluruh anak muda yang sedang menyimak #IDStalk saat ini? #IDStalk

Terus belajar, ngembangin diri dan masyarakat. Ngembangin masyarakat, otomatis kita berkembang juga. asah kepekaan Sosial kita dgn sering membantu orang lain. Minimal di lingkungan kita. Asah global competent dgn pengetahuan, temukan grass root understanding dgn kegiatan community development. Interested join us to make Indonesia Better, send me ur email isra@sahabatpulau.org

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *