artikel

Review IDStalk Working as a Public Relations in FMCG Company

By  | 

WhatsApp-Image-20160517

  1. Hi Kak @steffiradevie, apa kabar? Lagi sibuk apa aja sekarang? #IDStalk

Hai, @IDStudentJob! Alhamdulillah baik πŸ™‚ Saat ini, kesibukannya bekerja & masih seneng ikut bantu-bantu menjadi relawan di beberapa movement. Anywaaay, terima kasih @IDStudentJob atas kesempatannya ngizinin aku bisa share di #IDStalk malam ini. It’s such an honor!

 

  1. @steffiradevie Bisa ceritain dulu kuliah jurusan apa dan pernah aktif apa aja? #IDStalk

Wah! Dulu kuliahnya di bidang yang jauh banget sama dunia PR; Aku kuliah di jurusan Akuntansi di @UBCampus πŸ™‚ Aktif di BEM & Himpunan sebagai Humas (titik awal nemu passion di dunia PR) & organisasi luar kampus, seperti @YoungOnTop & @LeoJakartaKota

 

  1. @steffiradevie Gimana sih awal mula bergabung di nutrifood sebagai PR ? #IDStalk

Berawal dari keikutsertaan aku sebagai Finalis ajang #NutriLead, yang bikin jadi kenal (dan jatuh cinta) sama corporate & culturenya :). Di tahun terakhir kuliah, Alhamdulillah ditawarkan untuk bisa bekerja disana. Saya percaya rezeki yg pertama datang adalah rezeki terbaik. Meski belum punya ijazah, tapi salut sama @nutrifood yg langsung percaya mempekerjakan saya:) Sampai sekarang belum pernah melamar kerja :p Akhirnya, memberanikan diri untuk bekerja sebagai PR di perusahaan ini πŸ™‚ Sampai akhirnya terjebak & jatuh cinta sama dunia PR.

 

  1. Apa yg menjadi tugas dan tanggung jawab Kak @steffiradevie sebagai PR Nutrifood? #IDStalk

Tugas utamanya meliputi 3 hal : 1. Membangun reputasi perusahaan yg positif, melalui program CSR, social media, networking. Support brand activation yang berhubungan dengan media sebagai stakeholder utama PR; termasuk bikin Press conference, press release. Terakhir, jadi “garda” terdepan dalam berhubungan dengan publik & masyarakat; pemerintah, mahasiswa, komunitas, dll πŸ™‚

 

  1. Menurut Kak @steffiradevie, skill apa saja yang penting untuk dimiliki seorang PR di sebuah perusahaan FMCG? #IDStalk

Wah! Daftar skill yang dbutuhkan kayanya cukup banyak :p Dan jujur aku pun sampai sekarang masih belajar untuk bisa menguasai tiap skillnya! Attitude – Untuk jadi seorang PR, kita tentu harus sincere πŸ™‚ Karena dasar membangun reputasi positif adalah kejujuran & integritas. Copywriting – Mulai dari nulis press release (harus menemukan angle yang menarik sehingga media tertarik menulis), sampai konten untuk social media. Interpersonal skill – untuk paham gimana caranya menjalin relasi dengan orang, berkomunikasi & membuat orang tersebut nyaman ngobrol dengan kita. Public Speaking Skill – gak hanya pintar ngomong, namun juga harus mampu mem-filter mana informasi yg layak disampaikan atau tidak. Event management – Mulai dari nyiapin konsep & eksekusi πŸ™‚ Seorang PR harus tahan banting, bahkan harus kuat saat ngangkat-ngangkat barang :p Creative – semua profesi tentu butuh skill ini, termasuk PR. Saat bikin PR Program, konsep presscon, strategi komunikasi, dll.

 

  1. @steffiradevie Bagaimana mengasah skill dan pengetahuan sebagai seorang PR di perusahaan? #IDStalk

Karena memang gak punya background PR, jadi selama ini aku pun berusaha untuk bisa ngejar ketertinggalan aku, dengan cara-cara berikut : Punya mentor – Seneng punya atasan & anggota tim yang supportif, akomodatif, & mau ngajarin :p Jgn malu utk tanya apapun yg kamu gak paham! Networking – banyak bertemu dg PR lain untuk bisa belajar dari pengalaman mereka & siapa tau bisa membuka peluang kolaborasi. Baca artikel/buku – Harus update sama trend terkini yang berhubungan sama organisasimu supaya lebih cepat beradaptasi! Ikutan berbagai event PR community – datang seminar yang bisa bantu update info & ilmu di dunia PR, & jadi sarana berjejaring juga.

 

  1. @steffiradevie Tren apa sih yang sedang berkembang di dunia profesi PR Indonesia dan global? #IDStalk

Perkembangan dunia digital saat ini cukup bikin profesi PR juga harus bisa beradaptasi. Dulu menjalin relasi dengan media saja sudah cukup, namun sekarang PR juga penting berjejaring dengan blogger, influencer, dll. Wajar jika saat ini social media banyak digunakan sebagai sarana untuk bisa membangun reputasi & networking. Namun, pemanfaatannya juga harus efektfif & efisien πŸ™‚ Gak semua social media harus kita mainkan :p Lihat objective-nya! Kemampuan untuk menyampaikan pesan secara digital jadi semakin penting πŸ™‚ PR perlu kreatif membuat konten menarik.

Β 

  1. @steffiradevie Apa suka duka sebagai PR di perusahaan FMCG Seperti Nutrifood? #IDStalk

Wah! Banyakkan sukanya dong :p Ketika jadi PR suatu perusahaan, kita harus yakin dengan value perusahaan & senang + bangga denganΒ  brand-brand nya. Misi @nutrifood Inspiring a Nutritious Life, bener-bener tercermin melalui program & produk-produknya yang menginspirasi hidup sehat dengan cara fun! Begitupun corporate culturenya πŸ™‚ Kalau main ke kantor @nutrifood, pasti betah karena berasa Rumah Kedua :p Senang bisa jadi PR utk perusahaan yg sudah punya positive values spt itu πŸ™‚ jadi tantangan untuk saya supaya gak kalah “positif” sama perusahaannya.

  1. @steffiradevie Apa perbedaan dan persamaan peran PR di perusahaan FMCG dan non FMCG? #IDStalk

Menurut saya, semua PR di berbagai bidang pada dasarnya sama πŸ™‚ Ada guideline yang harus dipahami, baik secara oganisasi/indutri. Sebagai PR harus paham segalanya tentang perusahaan – KEPO cari tahu apa yang sedang terjadi di dalam πŸ™‚ Penting untuk bisa internal engagement. Karena perbedaanya terletak pada industri, jadi PR harus belajar memahami industri dari perusahaanya πŸ™‚ Secara PR practice akan mirip.

Β 

  1. Terakhir, apa tips yang ingin disampaikan Kak @steffiradevie utk anak muda yang mau berkarir sebagai PR ? #IDStalk

Tiap orang adalah PR kok, at least untuk diri sendiri πŸ™‚ Bangun positive self-image dirimu, self-branding yang sincere & bukan pencitraan. Latih skill yang dibutuhkan sejak kuliah; terlibat di organisasi & ikut social activities untuk melatih social sensitivity kamu. PR harus percaya diri. Masih malu berbicara di depan umum? Latihan dengan ngomong di depan kaca atau ajak teman-temanmu jadi penonton. Coba beranikan diri ikutan magang di perusahaan/PR Consultant πŸ™‚ Learning by doing seperti apa yg aku lakukan saat awal bekerja!

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *