artikel

Review IDStalk Working As A Webtoon Manager

By  | 

ghina

  1. Hallo kak @ghinafianny Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Halo juga! Sekarang ini lagi sibuk kerja aja dan nggak lupa sambil baca-baca komik :p

  1. Bisa ceritakan apa jurusan dan pengalamannya selama masih kuliah? #IDStalk

Saya dulu kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB, jurusan Seni Rupa, studio Seni Lukis. Bedanya mungkin karena jurusan Seni Rupa jadi suasananya cenderung santai, materi pelajarannya nggak melulu teori. Banyak praktek dan aktivitas seru kayak pameran seni. Dulu selama kuliah saya kayak anak kuliah pada umumnya aja.

  1. Bagaimana awal mula kak @ghinafianny bergabung di LINE Indonesia? #IDStalk

Saya bergabung di LINE ID thn lalu sekitar bulan Mei. Sebelumnya, saya kerja sbg content writer di sebuah job portal. Setelah bbrp lama, saya ngerasa stuck & bosan krn ngerasa pekerjaan saya day-to-day bgt & harus cari pengalaman baru. Waktu itu tmn saya kasih info ttg lowongan Webtoon Manager di LINE. Waktu itu layanan LINE WEBTOON br akan diluncurkan. awalnya ga PD krn saya pikir pekerjaan ini besar bgt tanggung jawabnya, membawahi sebuah aplikasi baru di Indonesia. tapi akhirnya apply krn saya pikir kesempatan kyk gini ga datang 2 kali & saya mikir hrs keluar dr kerjaan sebelumnya. akhirnya setelah tiga tahap wawancara, alhamdulillah diterima 🙂

  1. Apa sih yang ingin disampaikan dari kehadiran fitur LINE webtoon? #IDStalk

LINE WEBTOON adalah layanan apps & website yg menyediakan komik gratis untuk para pembaca. selain menguntungkan para pembaca, menariknya LINE WEBTOON jg bisa bantu mengangkat scene komik lokal di Indonesia. selain komik dr Korea, kami jg punya komik dari komikus lokal yg dikontrak tetap & dpt kompensasi bulanan. Di Korea, WEBTOON didirikan thn 2004 saat dunia komik cetak di sana sdg lesu akibat pembaca beralih ke mangascan. Imbasnya, majalah komik bnyk yg tutup & komikus kehilangan wadah untuk debut dan berkarya. saat itu WEBTOON hadir & memberi alternatif bagi para komikus utk tetap berkarya dan survive di era digital. karena sukses di Korea, WEBTOON merambah keluar Korea spt Taiwan, Thailand, US, dan Indonesia dgn misi yg sama. Setelah 1 tahun beroperasi, LINE WEBTOON Indonesia kini punya lbh dr 20 komikus lokal dan 17 on-going local title.

  1. Apa sih yang menjadi tanggung jawab kak @ghinafianny sebagai webtoon manager? #IDStalk

Awal gabung dl kaget bgt karena literally ngurusin semua hal yg berhubungan sama WEBTOON di Indonesia. mulai dr nyari komikus, upload manuskrip, cek translasi, bikin copy, ngadmin sosmed, ngurusin syuting iklan TV, berhubungan dgn komikus, nulis script jingle iklan, sampai ngirim hadiah ke pemenang kuis semua dilakukan. tapi lalu ada bantuan dr tim di Korea yg handle copywriting & skrg sudah ada Editor, jadi kebantu banget 😀 apalagi semenjak jumlah komikus nambah, jd enak bisa bagi-bagi kerjaan & bisa fokus ke marketing & planning. Seru bgt sih, belajar banyak bgt. Dari yg stuck di kerjaan sebelumnya, eh sekarang kerjaannya berwarna banget.

  1. @ghinafianny jenis skill apa yang dibutuhkan sebagai webtoon manager? #IDStalk

Harus banyak baca & paham gmn cara storytelling yg baik juga paham soal visual yg cocok dgn target audience. Juga harus bisa baca audience maunya apa. Komik kyk gmn yg disukai, genre apa yg digemari pembaca. elain itu juga harus mikirin strategi marketing supaya WEBTOON bisa menjaring banyak pembaca & survive di pasar Indonesia. jadi, yg penting itu content strategy, marketing, dan tentunya membina relasi dgn para komikus.

  1. Apa yang dilakukan kak @ghinafianny untuk mengasah dan mengembangkan skill pekerjaannya? #IDStalk

Saya banyak belajar sm senior-senior di LINE & juga dr tim NAVER Webtoon di Korea ttg gmn menjalankan bisnis digital. Juga banyak nanya & ngobrol sama para komikus & editor komik di Indonesia ttg gimana industri komik local. terus juga baca artikel soal management & ikut free online course buat nambah pengetahuan. oh iya, kadang2 perlu bgt kepo sama apa yg dikerjain temen-temen lain di kantor, bahkan nawarin bantuan biar banyak pengalaman.

  1. @ghinafianny Bagaimana rasanya bekerja sebagai webtoon manager LINE Indonesia? #IDStalk

Seneng banget! Banyak melakukan hal-hal yg sebelumnya ga pernah dilakukan, bnyk pengalaman & nambah kenalan. Tim WEBTOON di Korea sana juga asik bgt diajak kerja sama. Mrk terbuka dgn ide2 baru & enak diajak diskusi. di LINE kami banyak kerja dgn foreigners, khususnya Korea, jd sambil ngelancarin bahasa Inggris jg. seneng jg bisa memperkenalkan WEBTOON di pasar Indonesia & bantu mengangkat komik lokal di negeri sendiri. semangat jg krn WEBTOON bisa membantu industri kreatif khususnya dunia perkomikan & bikin makin banyak komikus yg berkarya.

  1. @ghinafianny Apa tantangan bekerja sebagai webtoon manager LINE Indonesia? #IDStalk

Secara pribadi, jujur aja saya kurang jago develop relationship sama orang baru. Sementara saya harus approach komikus baru. adi ya mau gak mau harus belajar gimana caranya kenalan, ngobrol sama orang baru & memelihara hubungan dgn mereka. juga harus selalu peka dgn tren dan kemauan pembaca, sekaligus mempertahankan kualitas konten yg disediakan.

 

  1. Terakhir, apa yang ingin disampaikan kak @ghinafianny untuk anak muda seputar karir? #IDStalk

Tantangan terbesar saat ini adalah terus menambah jumlah pembaca webtoon dan menemukan karya2 yang berkualitas. Soal karier, alangkah menyenangkan kalau bisa ketemu pekerjaan yang sesuai passion & keinginan. tapi kadang2, nggak semua kerjaan itu ideal & indah. Mungkin ada saat di mana harus mengorbankan passion demi karier. Kalau terjebak di kerjaan yg kamu ga suka, jangan berhenti untuk nyari kesempatan yg lebih baik. Kadang2 banyak nemu anak muda kebanyakan mikir & ragu kalau mau apply kerjaan. Padahal kirim lamaran aja belum. Jadi kalau liat lowongan & tertarik, jgn kebanyakan mikir. Lgsg susun CV & kirim surat lamaran. Soal diterima atau ngga, itu masalah nanti. Yang penting nyoba ngelamar dulu aja, ga rugi kan nyoba?. Di dunia kerja juga pasti gak akan 100% antusias. Ada kalanya bosen, ga mau ngantor haha… tp inget bahwa kamu punya tgg jwb. kalau selalu mau belajar dan berkomitmen, mudah-mudahan bisa survive di dunia kerja J

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *