artikel

The Rising Star: Menjadi Generasi Muda Pembeda

By  | 

Memasuki bulan ke-5 Program STAR-Nya Student Job Indonesia gue ingin bercerita banyak mengenai keseruan yang gue dapatkan saat mengikuti program ini dan menarik untuk diceritakan ke kalian semua.

Sebelum lebih banyak bercerita gue ingin memberi tau kalau STAR itu kependekan dari Student Associate Program jadi Program ini sebenernya di khususkan untuk pelajar yang berdomisili di JABODETABEK saja. Karena basecampnya Student Job sendiri ter-letak didaerah Benhil,Jakarta kan tidak mungkin kalau yang tinggal di Merauke harus pulang pergi ke Jakarta. Jadi Program ini berlangsung selama 6 bulan dan juga tidak dipunggut biaya sepeser pun.

STAR sendiri berkolaburasi dengan mentor yang  beragam dan berpengalaman yang menjadikan para THE RISING STAR mempunyai pengalaman yang tidak terlupakan. Sidnei Budiman selaku CEO dari  DEALOKA, Rhein Mahatama founder di StartupBisnis.com, Riza Fahmi sebagai Manging Director AppsCo, Alicia Van Akker selaku Founder dari RumahMC dan Annisa Purbandari sebagai Founder Student Job Indoneisa sendiri.

Bulan Pertama kita belajar Bagaimana cara membuat CV yang dibawakan oleh Ka Annisa Purbandari, ia menjelaskan strategi dan step by step cara membuat CV (Curiculum Vitae) yang simple dan akurat . Karena kebanyakan orang salah langkah sehingga  CV mereka banyak di tolak oleh perusahan yang dituju disebabkan  CV mereka terlalu berbelit-belit sehigga kebanyakan  mereka gagal mendapatkan pekerjaan yang di inginkan.

Bulan Kedua kita belajar Bagaimana kita dapat membangun dan mengelola Bisnis yang dibawakan oleh ka Sidnei Budiman, ia menjelaskan bahwa bisnis itu ada berbagai macam dan salah satunya yang sedang menjadi trend di lima tahun terakhir ialah Startup bisnis. ia juga mengajak para THE RISING STAR untuk tidak takut memulai bisnis sedini mungkin dan menjelaskan caranya mendevelop dan membangun bisnis itu sendiri.

Bulan Ketiga kita belajar cara menuangkan Ide- ide kreatif untuk memulai Bisnis yang dibawakan oleh ka Riza Fahmi, ia mengajak para THE RISING STAR untuk banyak menuangkan ide – ide kecil maupun besar untuk memulai bisnis. Satu per satu para THE RISING STAR sendiri mulai menceritakan ide- ide gila mereka untuk membangun bisnis di massa depan. Dia juga memberi tahu kapan waktu dan tempat dimana ide bisnis tersebut datang.

Bulan Ke empat kita belajar cara meningkatkan visitor di website dan mendapatkan uang melalui website yang dibawakan oleh ka Rhein Mahatama, ia memperaktekan bagaimana suatu website dapat grow up dan menghasilkan uang kepada pemiliknya dan mempeperkan caranya kepada THE RISING STAR yang membuat mata mereka tidak luput dari presentasi dari ka Rhein.

Bulah Kelima kita belajar Cara meningkatkan percaya diri berbicara dihadapan umum yang dibawkan oleh ka Alice Van Akker, ia menjelaskan cara dan kiat-kiat  untuk berbicara di hadapan umum. Dan mengajak para THE RISING STAR untuk memperaktekan langsung dihadapan teman teman sendiri. Yang mendorong THE RISING STAR agar bisa berbicara dihadapan umum.

Menarik sekali bukan, diluar dari pertemuan itu THE RISING STAR juga mendapatkan kesempatan untuk terjun langsung kedalam project Student Job Indonesia. Hmm.. menurut gue yang paling menarik ialah saat mendapatkan kesempatan menjadi Exhibitor IESE (Indonesian E-commerce Summit Expo) di ICE BSD selama tiga hari. Di sana gue pertama kali bisa kenalan lebih dekat dengan para CEO muda yang ada di indonesia dan yang membuat gue terkesan disaat gue memwawancarai langsung pa  Annies Baswedan (Kemendikbud) mengenai Paltform Anak muda yang melakukan startup bisnis.

This article as featured in http://www.hipwee.com/narasi/the-rising-star-menjadi-generasi-muda-pembeda/

Penulis : Zainnabil (Pelajar SMA, Startis Batch 1)

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *