tips

Salah Jurusan Bukan Akhir Segalanya! Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memperbaiki Keadaan

By  | 

photo credit: electriceaglenews.wordpress.com

Kamu merasa salah jurusan? Merasakan kejenuhan dan kelelahan yang luar biasa? Eits, jangan menyerah dulu, segala sesuatu masih bisa berubah sesuai apa yang kamu inginkan. Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan.

  1. Selesaikan apa yang sudah kamu mulai

photo credit: forbes

Ya, kelihatannya memang tak mengenakkan dan mungkin terasa tak adil. Tapi ada hal yang perlu kamu ketahui dan kamu sadari, tidak ada sesuatu yang gratis. Uang kuliah, biaya hidup, uang makan, transport ke sana kemari itu butuh biaya dan jumlahnya tidak sedikit. Selesaikan apa yang sudah jadi kewajiban kamu.

Memang 4 tahun itu bukan waktu yang sebentar, tapi jika kamu berhenti di tengah jalan, semua usaha, tenaga, dan biaya selama ini akan jadi sia-sia bukan?

  1. Kamu punya 24 jam sehari, jangan biarkan itu terlewat begitu saja

photo credit: YouTube

Semua orang punya waktu sama, 24 jam. Begitu juga dengan kamu. Jangan biarkan waktumu terbuang percuma hanya karena kamu tidak suka atau terjebak pada jurusan kamu sekarang. Di sela kesibukan kuliah, gunakan waktumu untuk menambah ilmu dan pengalaman. Mengikuti seminar dan aktif dalam organisasi bisa jadi pilihan kamu. Hasil yang kamu dapatkan akan berguna saat kamu memasuki dunia kerja nanti.

  1. Mau dapat uang saku dan ilmu gratis? Kamu bisa mencoba untuk magang

photo credit: Stuvia

Di era digital sekarang ini, kamu bisa melakukan apa yang kamu inginkan dengan lebih mudah. Ada situs StudentJob yang bisa menghubungkan kamu dengan dunia kerja. Ya, pengalaman yang kamu dapatkan saat magang tentu berbeda dengan apa yang kamu pelajari di bangku kuliah. Dan kamu pun bisa lebih siap memasuki dunia kerja.

  1. Gunakan metode 8-8-8

Salah jurusan bukan berarti kamu harus melupakan “impian terpendam” kamu, ya.

Dengan 24 jam yang kamu punya, kamu bisa membaginya ke dalam 3 area, 8-8-8. Delapan jam pertama kamu gunakan untuk kuliah, 8 jam berikutnya kamu gunakan untuk menekuni passion kamu, dan sisanya kamu gunakan untuk istirahat. Pandai-pandailah dalam membagi waktu ya, jangan sampau kuliahmu berantakan hanya kamu salah prioritas. Biar bagaimanapun, lulus kuliah adalah prioritas utama kamu saat ini.

  1. Perluas area pertemanan kamu dengan networking

photo credit: ieee.uowm.gr

Kamu tak pernah tahu kesempatan apa yang menunggu di depan nanti. Untuk itu gunakan masa mudamu untuk memperluas jaringan pertemanan yang kamu punya alias networking. Kamu bisa ikut serta di berbagai komunitas yang ada atau ikut serta dalam kegiatan volunteering.

 

Bagaimana menurutmu? Daripada bergalau ria dan berkeluh kesah, gunakan waktumu untuk hal positif. Ingat, masa mudamu tak akan kembali.

mm
Cancer girl. Yoga lover. Coffee addict. Life is a pleasure when we share it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *