artikel

Seminar dan Talkshow “A New Wave of Sustainable Agribusiness” dan Launching Ur-Farm First Plantable Paper

By  | 

Jakarta, 19 Mei 2017 – Praktek sistem operasional yang berkelanjutan merupakan komponen terpenting di dalam sektor agribisnis, tidak hanya konsumen, pemerintah juga telah menyusun regulasi sistem operasional yang berkelanjutan guna mendorong terciptanya kedaulatan pangan dan mendorong nilai ekonomi. Walaupun nilai agribisnis berkelanjutan sangatlah penting namun masih belum banyak orang mengerti, terutama para pemuda. Melalui sistem agribisnis yang berkelanjutan, para petani serta pemain penting lainnya seperti pemerintah, pihak swasta dapat bekerja sama untuk mengidentifikasi peluang yang akan membantu meningkatkan kegiatan pertanian di wilayah mereka. Tidak hanya itu saja, mengambil bagian untuk meningkatkan pengetahuan pemuda-pemudi Indonesia dalam menjaga lingkungan sekitar dan juga membudidayakan pertanian organik juga perlu dilakukan, terlebih dari tahun ke tahun sektor agribusiness makin lama makin ditinggalkan oleh pemuda. Sebagai platform yang memberikan perdagangan yang adil untuk petani dan juga konsumen, Ur-Farm.com berkomitmen untuk membantu meningkatkan “awareness” pemuda Indonesia terhadap isu-isu yang dihadapi oleh sektor agribisnis di Indonesia.

Ur-Farm merupakan sebuah platform berbentuk online dan offline untuk produk-produk pertanian organik yang langsung di ambil oleh petani organik kecil bersertifikasi di Jawa Barat. Di bulan Mei 2017, Ur-Farm menyelenggarakan seminar dan talkshow yang bertajuk “A New Wave of Sustainable Agribuisness” di @America, Pacific Place Mall lantai 3, SCBD, Jakarta Selatan. Acara ini bertujuan untuk membangkitkan kepedulian para generasi muda profesional akan pentingnya mengkonsumsi dan menggunakan produk-produk organik demi menjaga kesehatan serta membangun perhatian para peserta pada pertanian Indonesia dengan memahami bentuk dari agribisnis yang berkelanjutan (melakukan bisnis di bidang pertanian dengan mempertimbangkan kebersinambungan lingkungan sekitarnya). Dimana untuk pertama kalinya Urfarm melaksanakan seminar ini dengan gratis dan terbuka bagi semua kalangan profesional muda. Tidak hanya itu saja pada kesempatan ini Urfarm juga meluncurkan produk terbarunya “Organic Plantable Paper”, merupakan kertas daur ulang pertama di Indonesia yang memiliki benih organik di dalamnya.

Dea Salsabila Amira (Founder dan Chief Excecutive Officer Urfarm) menerangkan bahwa produk “Organic Plantable Paper” dapat meningkatkan semangat pertanian kota (urban farming) di kalangan masyarakat dan dapat membantu minat masyarakat dalam menggunakan kertas daur ulang, melalui produk ini setelah kertas tidak terpakai lagi, konsumen tidak perlu membuang kertas tersebut di tempat sampah karena kertas yang berisikan benih tanaman organik dapat langsung ditanam dan menumbuhkan hasil tanam yang dapat dikonsumsi. Sehingga diharapkan penggunaan kertas nantinya tidak berpengaruh

pada jumlah tanaman yang ditebang untuk membuat selembar kertas. “Saat ini kami memiliki beberapa jenis benih organik seperti tomat, selada keriting, cabai dan lain-lain dan perusahaan kita adalah perusahaan pertama di Indonesia yang mengeluarkan produk ini dan kami berharap produk ini dapat menjadi tren untuk digunakan oleh seluruh pihak”, ujar Dea.

Acara yang Dilaksanakan dari pukul 18.30 – 20.30 WIB ini mengundang tiga narasumber antara lain Dr. Bayu Krisnamurthi (Wakil Menteri Pertanian RI 2010-2011) ; Said Abdullah (Koordinator Nasional dari Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan) ; Dea Salsabila (CEO Urfarm) ; serta dimoderatori oleh Priscilla Siregar (Miss Green Tourism Indonesia 2015 & CMO of Ur-Farm), acara ini membahas mengenai strategi, perencanaan, serta implementasi secara langsung agribisnis yang berkelanjutan untuk mencapai ketahanan pangan di waktu mendatang. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh beberapa duta-duta tanah air baik skala lokal maupun nasional.

Priscilla Siregar (Chief Marketing Officer Urfarm) mengatakan “Adanya kegiatan ini diharapkan bisa memperluas pengetahuan para generasi muda saat ini dan dapat menambah kecintaannya pada pertanian Indonesia. Seminar ini juga diharapkan agar dapat menimbulkan kepekaan generasi muda akan membangun bisnis dan menggunakan produk yang ramah lingkungan, serta dapat menerapkan hidup sehat”.

Dalam acara ini Ur-Farm mendapat dukungan dari Panin Asset Management dan juga komunitas YSEALI (Young South East Asian Leaders Initiative). Acara seperti ini tentunya akan diselenggarakan kembali dalam waktu mendatang, dengan visi untuk membantu mensosialisasikan pertanian berkelanjutan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

Tentang Urfarm

PT. Ur Farm Teknologi Indonesia, merupakan sosial bisnis dalam bentuk platform online & offline untuk hasil pertanian dan produk olahan organik. Produk kami 100% merupakan produk lokal dan memiliki sertifikasi organik, yang berasal dari petani kecil di jawa barat dan para pelaku bisnis UKM hijau di seluruh Indonesia. Misi kami adalah untuk membuat perdagangan yang adil untuk para petani kecil dan juga konsumen di Indonesia melalui sebuah wadah dimana setiap individu dapat menemukan berbagai macam produk yang ramah lingkungan, berasal dari para suppliers yang menjunjung tinggi sistem berkelanjutan, sehingga kami percaya bahwa Ur-Farm mampu untuk mentransmisikan gaya hidup sehat dan membawa nilai-nilai keberlanjutan di hati. Melalui platform kami, Ur-Farm membantu para petani kecil di Indonesia dan para UKM untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, dan memastikan bahwa bisnis mereka juga akan terus berlanjut.

Kami memulai bisnis Ur-Farm di tahun 2016, Ur-Farm hadir sebagai hasil dari program inkubasi sosial bisnis yang di laksanakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Ur- Farm juga berhasil meraih kesuksesan di tingkat nasional dan internasional, antara lain: Top 400 Startup Istanbul Conference 2016, Top 10 Startup Indonesia yang mendapatkan dukungan keberangkatan untuk program Startup Istanbul oleh BEKRAF, Best Presentation On Sustainable Development with Entrepreneurial Spirit Award, CCSI, United Nations – Hongkong 2016, dan baru saja cerita kami masuk dalam nominasi untuk 17 Inaugural Flourish Prizes at the 4th Global Forum, on June 14-16, 2017 in Cleveland, U.S.

Di tahun 2017 ini kami telah memiliki lebih dari 60 petani di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatra. Produk yang kami miliki bervariasi dari mulai buah, sayur, ayam organik, teh, kopi organik hingga plantable paper yang akan kami luncurkan di bulan Mei 2017. Dan sesuai dengan komitmen kami untuk menguwujudkan kedaulatan pangan (food security) di setiap pembelian produk Ur-farm, konsumen menyumbang untuk kesejahteraan petani-petani kecil kami di Jawa & Sumatra.

Untuk informasi lebih lanjut :

Priscilla Siregar – Co-Founder & CMO

Priscilla_maulina94@yahoo.com

+6281317893023

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *