artikel

STAR : Memperkenalkan Dunia Start up Bagi Anak Muda

By  | 

Startup bisnis merupakan salah satu bisnis yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Berkembangnya teknologi digital yang sejalan dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan gadget smartphone membuat bisnis ini cukup menjanjikan. Beberapa perusahaan Startup Digital bermunculan belakangan ini. Dimulai dengan fenomena Gojek yang ekspansi bisnisnya luar biasa besar di bidang transportasi, lalu muncul Startup Digital di berbagai bidang seperti Grab, Qlue, dan beberapa bisnis e-commerce. Prospeknya sangat menjanjikan dan pasarnya masih terbuka lebar.

Fenomena berkembangnya Startup saat ini membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh apa itu Startup. Oleh karena itu ketika studentjob.co.id membuka Program STAR (Student Associate Program) yang menawarkan banyak benefit untuk pengetahuan di dunia Startup, tanpa ragu saya langsung mengirimkan application form untuk bisa bergabung dengan STAR. Melalui beberapa tahapan seleksi yang cukup ketat seperti personality test, Focus Group Discussion (FGD), dan interview, akhirnya saya diterima menjadi salah satu anggota STARTIS Batch 1. Suatu keberuntungan dan kehormatan saya bisa diterima menjadi anggota STARTIS. Selama enam bulan sejak Maret-Agustus 2016 Program STAR berlangsung. 15 orang terpilih anggota STARTIS mendapatkan mentoring tentang dunia Startup. Mentor yang membimbing kami merupakan orang-orang expert di bidangnya seperti Annisa Purbandari (founder Studentjob.co.id), Sidnei Budiman (founder Dealoka), Alicia Van Vakker (founder Rumah MC Indonesia), Riza Fahmi (managing director AppsCo), dan Rhein Mahatma (co-founder startupbisnis.com).

Selama mengikuti program STAR benefit yang diberikan sangatlah bermanfaat terutama bagi saya yang saat ini sedang berada di tingkat akhir perkuliahan. Bulan pertama mentoring STAR berlangsung pada 19 Maret 2016. Kami diberikan mentoring mengenai pembuatan CV yang baik dan benar oleh Annisa Purbandari (Kak Nisa). Di bulan pertama STAR saya juga berkesempatan untuk berkenalan dengan berbagai teman-teman baru yang berasal dari berbagai universitas, bahkan ada yang masih sekolah di tingkat SMA dan SMP. Semuanya sangat antusias untuk ikut dalam program STAR ini. Sepanjang bulan Maret hingga Agustus 2016 total kami sudah melakukan enam kali mentoring STAR. Tema mentoring yang kami terima pun bermacam-macam. Di bulan April tema mentoring yang dilaksanakan adalah tentang Membangun Bisnis. Kemudian di bulan Mei mentoring yang kami dapatkan adalah tentang Leadership & People Development. Selanjutnya di bulan Juni kami mendapatkan mentoring tentang Digital Marketing. Pada bulan Juli kami mendapatkan mentoring tentang Public Speaking dan di bulan Agustus mentoring yang dilakukan dengan tema Digital Marketing 2.0.

Tidak hanya mentoring, kami para Startis juga turut dilibatkan dalam berbagai kegiatan studentjob.co.id seperti GalaDiner (ngeGaul And Diskusi bareng Expert) yang setiap bulan diselenggarakan dan kegiatan pameran yang melibatkan Studentjob.co.id. Kami juga diberikan job di STAR seperti menjadi Account Executive, Media Relation, Marketing Communication, Digital Executive, Web Developer, dan Design Graphic Selama mengikuti Program STAR ini saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa berharga. Banyak soft skills yang saya dapatkan selama mengikuti program ini. Pengetahuan saya mengenai dunia Startup bertambah ditambah soft skills seperti leadership, public speaking, dan digital maeketing. Semua bekal soft skills ini sangat berharga untuk saya yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja pasca lulus kuliah.

 

Penulis : Abdurrabi Mufid (Mahasiswa UI, Startis Batch 1)

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

2 Comments

  1. Holapedia

    September 4, 2016 at 4:18 pm

    sangat menginspirasi, semoga blognya lebih maju

  2. Biznet GIO

    April 27, 2017 at 3:10 am

    menurut saya ini penting sekali, mengenalkan dunia startup kepada anak muda dengan komitmen dan berani, terlepas dari mereka mau menyajikan apa. bisa juga seperti Biznet GIO yang meyediakan jasa cloud untuk penyimpanan data dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *