artikel

Student Visit Bursa Efek Indonesia

By  | 

Masih muda tapi mau mulai berinvestasi? Kenapa Enggak!

Pada tanggal 14 Maret 2017, Student Job Indonesia bersama Phillip Securities Indonesia mengadakan acara Student Visit Bursa Efek Indonesia. Acara Student Visit merupakan acara kunjungan ke perusahaan yang dihadiri oleh para mahasiswa/fresh graduates untuk mendapatkan informasi mengenai suasana kantor dan budaya kerja di perusahaan. Kali ini, peserta Student Visit berkesempatan mengunjungi kantor Bursa Efek Indonesia yang berada di kawasan SCBD Jakarta.


Acara Student Visit yang bertemakan “Learn How to Invest in Stock” ini bertujuan untuk memperkenalkan manfaat dan pentignya investasi kepada anak muda khususnya mahasiswa dan freshgraduate. Selain edukasi mengenai investasi, para peserta juga berkesempatan untuk berkeliling dan melihat langsung suasana di Bursa Efek Indonesia.

Acara dimulai dengan pemaparan materi mengenai profil Bursa Efek Indonesia dan pengenalan mengenai dasar-dasar investasi di Bursa Efek oleh Ibu Puspita Pratiwi selaku perwakilan dari Bursa Efek Indonesia. Menurut Ibu Puspita, investasi merupakan salah satu cara paling efektif dalam menghadapi tantangan inflasi. Contoh nyata inflasi yaitu meningkatnya harga-harga bahan pokok yang ada di pasar dari waktu ke waktu. Ironisnya, di Indonesia sendiri hanya sekitar 1% penduduk yang sudah melek investasi. Jika kita ingin menggapai impian seperti membeli rumah, kendaraan, travelling, dsb, maka menabung di bank saja tidak akan pernah cukup, karena bunga di bank jauh lebih rendah daripada laju inflasi itu sendiri.

Padahal, jika semakin banyak masyarakat Indonesia yang berinvestasi di Bursa Efek, maka hal ini akan dapat mendorong laju perekonomian bangsa Indonesia. Oleh karenanya, jika generasi muda sudah melek investasi, maka bukan tidak mungkin bahwa Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Selain memaparkan manfaat investasi, Ibu Puspita juga menjelaskan tips investasi dan membeli saham dari suatu perusahaan. Menurutnya, perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dari waktu ke waktu merupakan salah satu perusahaan yang nilai sahamnya akan semakin besar dari waktu ke waktu.

Setelah pemaparan dari Ibu Puspita, selanjutnya giliran Ibu Martha dari Phillip Securities Indonesia yang mengenalkan profil serta layanan dari Phillip Securities. Menurut Ibu Martha, jenis investasi reksa dana merupakan jenis investasi yang paling mudah untuk dicoba oleh anak muda khususnya mahasiswa. Melalui reksadana, mahasiswa dan freshgraduate dapat memulai investasi hanya dengan Rp. 50.000 saja. Melalui aplikasi poems dari Phillip Securities Indonesia, mahasiswa dapat mulai menyisihkan uang sakunya untuk berinvestasi reksa dana.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 100 orang ini, ditutup dengan pembagian voucher reksadana Rp.100.000 bagi tiga orang yang beruntung. Setelah pemaparan materi, para peserta berkesempatan untuk melihat-lihat suasana sekitar main hall yang juga dipenuhi oleh berbagai informasi dan data-data saham secara real time dari berbagai perusahaan yang dipandu langsung oeh Ibu Martha dari Phillip Securities Indonesia.

Bagaimana? Seru kan? Tunggu event Student Visit selanjutnya ya!

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *