kerja

Sukses Kuliah Sambil Bekerja? Tidak Mustahil, Kok!

By  | 

Kuliah sambil kerja sepintas terlihat sebagai hal yang mustahil untuk dilakukan. Betapa tidak? Ditengah padatnya jadwal kuliah dan ujian yang menanti kamu masih harus mengalokasikan waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang telah diberikan kepadamu.

Akan tetapi piihan ini tentunya bukan merupakan pilihan yang buruk. Dengan bekerja sambil kuliah, kamu bisa mendapatkan kesempatan dan pengalaman untuk memulai rkarir dalam dunia profesional. Keuntungan ini tentulah tidak bisa didapat oleh teman-temanmu yang lain.

Artikel berikut berisi tips-tips agar kamu bisa tetap sukses menyelesaikan studi dan mengerjakan seluruh pekerjaanmu secara bersamaan. Untuk membuktikannya, bacalah artikel ini sampai habis dan cobalah menerapkan tips-tips tersebut satu demi satu secara langsung.

 

1. Tentukan prioritas dan kelola waktu secara efisien.

tips kerja sambil kuliah 01 - menentukan prioritas

Menentukan prioritas.

Mulai hari ini, belajarlah mengelola waktu yang kamu punya dengan seefisien mungkin. Prinsipnya semua hal bisa saja kamu dapatkan tapi tidak dalam waktu yang bersamaan. Maka dari itu kamu memerlukan suatu jadwal dan prioritas.

Pertama buatlah jadwal seluruh kegiatanmu dalam sepekan. Tentukan dulu jadwal kegiatan yang tidak bisa kamu ganti seperti jadwal kuliah. Jika sudah, barulah kamu bisa menentukan jadwal yang bisa bergantian seperti bekerja dan mengerjakan tugas kuliah. Masukkan juga jadwal lain yang kamu butuhkan seperti jadwal refreshing dan berolahraga. Susun jadwal kegiatanmu sebaik mungkin agar seluruh pekerjaanmu tetap terkejar dan kamu masih bisa punya waktu untuk beristirahat.

Dengan jadwal itulah kamu harus berkegiatan selama sepekan kedepan. Sukses tidaknya kamu akan bergantung pada sekonsisten apa kamu menjalankan jadwal tersebut.

Namun apa jadinya bila terjadi hal-hal tak terduga yang terjadi diluar kendali kita?

Tentu saja kita boleh menyesuaikan jadwal yang telah kita buat, apabila hal tersebut memang diperlukan. Jika kita merasa kurang perlu mengubah jadwal tentu pilihan terbaiknya adalah berusaha konsisten dengan jadwal tersebut.

 

2. Buatlah target yang realistis

Realistis dengan target.

Realistis dengan target.

Betapapun besarnya kapasitas yang kamu miliki, bekerja/belajar terlalu keras tentu dapat menyebabkan produktivitasmu menurun. Maka dari itu kamu tidak boleh membuat rencana yang terlampau tinggi sebab hal tersebut justru akan menyusahkan dirimu kelak.

Sebagai gantinya mulailah dengan target-target yang sederhana. Cukup ambil sedikit pekerjaan dahulu, baru kemudian ditingkatkan sedikit demi sedikit. Di sisi lain kamu juga harus realistis dengan kondisi akademikmu. Bila lulus tepat waktu terlihat sangat memberatkan, tidak ada salahnya kamu memperpanjang sedikit masa kuliahmu dengan mengambil SKS yang tidak terlalu banyak di setiap semesternya agar kamu bisa tetap bekerja di sela-sela waktu kuliah.

Intinya kamu tidak boleh memaksakan diri untuk mengambil jam kuliah yang terlalu padat sambil bekerja dengan intensitas yang tinggi pula kecuali kamu ingin terus menerus kelelahan dari waktu ke waktu.

 

3. Jangan menunggu deadline.

tips kuliah sambil bekerj 03 - Jangan Deadline.

Hindari deadline.

Setiap pekerjaan umumnya memiliki deadline tersendiri, pun dengan beberapa tugas perkuliahan. Semakin dekat sesuatu tersebut dengan deadline, tentu semakin mendesak pula untuk diselesaikan.

Namun hal itu bukan berarti kamu bisa menunda setiap pekerjaan dan tugas yang masuk sampai mendekati deadline. Mengapa tidak mencoba menyelesaikannya mulai jauh-jauh hari sebelum deadline mendekat?

Sebagai contoh misalnya kamu mendapatkan tugas kuliah yang harus dikumpulkan dalam waktu 2 bulan kedepan. Tanpa perlu menunggu berlama-lama, kamu bisa mulai menggunakan waktu senggangmu di setiap pekannya untuk menyicil tugas tersebut. Bisa saja kamu sudah menyelesaikan tugas tersebut saat waktu pengumpulannya masih sebulan lagi bukan?

Dengan mencicil tugas sebelum deadline, kamu juga terhindar dari jadwal yang terlalu padat menjelang hari-hari pengumpulan tugas. Hal ini dapat membuatmu memiliki waktu berlebih menjelang deadline pengumpulan tugas tersebut karena tugasmu sudah selesai. Waktu berlebih inilah yang bisa kamu maksimalkan untuk mengejar pekerjaan atau sekedar bersantai ria.

 

4. Belajarlah secara efektif.

tips kuliah sambil kerja 04 - belajar efektif

Belajar secara efektif.

Saat kamu harus bekerja sambil kuliah, tentu kamu tidak memiliki waktu yang sangat banyak untuk bisa belajar materi baru atau sekedar mengulang materi kuliah yang baru saja diajarkan. Tiba-tiba saja masa ujian sudah didepan mata dan bisa dibilang kamu benar-benar tidak siap menghadapi ujian tersebut.

Kasus diatas bisa dihindari apabila kamu bisa belajar dengan efektif. Belajar dengan efektif berarti belajar dengan waktu yang relatif singkat namun tetap memiliki kualitas pemahaman yang mumpuni. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Caranya adalah dengan mengenali gaya belajar yang kita sukai. Apakah kita lebih senang belajar dengan melihat grafik dan gambar ataukah dengan cara mendengarkan penjelasan materi tersebut secara langsung. Bila kita lebih nyaman belajar secara visual, maka jangan fokus belajar secara audiosonik. Begitupun sebaliknya.

Selain dengan memerhatikan gaya belajar yang cocok, kamu juga bisa memanfaatkan tips-tips belajar yang lain seperti memulai membaca dari poin-poin kesimpulan atau belajar dari soal-soal yang pernah keluar sebelumnya. Cara-cara semacam ini bisa membuatmu tetap memiliki kualitas belajar yang baik sambil tetap bekerja di sela-sela waktu belajar tersebut.

 

5. Jangan lupa beristirahat.

refreshing juga penting

Sepenting apapun pekerjaan dan tugas akademik yang sedang kamu miliki, kamu tetap butuh yang namanya istirahat. Kalau kamu menyepelekan istirahat, tentu peluangmu drop alias sakit akan semakin besar. Pertanyaannya, apa kamu bisa bekerja dan mengurus studi dengan baik kalau kamu sedang sakit?

Tentu saja jawabannya tidak. Oleh karena itu beristirahatlah secukupnya dari hari ke hari. Beristirahatlah ketika kamu sudah merasa benar-benar lelah dan jangan menyepelekan hal tersebut.

Kamu juga perlu mengalokasikan waktu untuk sekedar refreshing dari waktu ke waktu. Kuliah sambil bekerja bukan berarti kamu tidak bisa pergi rekreasi seperti temanmu yang lain. Sekedar jalan-jalan santai untuk me-refresh pikiran tetap kamu butuhkan agar kamu tidak cepat penat dan jenuh dengan rutinitas sehari-hari.

 

6. Berhati-hatilah dalam memilih pekerjaan.

tips kuliah sambil kerja 6 - pekerjaan yang tepat

Pilih pekerjaan yang tepat.

Cara terbaik menyeimbangkan kuliah dengan pekerjaan ialah dengan menghindari pekerjaan-pekerjaan yang memiliki tuntutan besar. Sebagai gantinya carilah pekerjaan yang lebih fleksibel sehingga kamu bisa terus menyesuaikan waktu kerjamu dengan keperluan studimu secara baik dari waktu ke waktu.

Hal yang tak kalah pentingnya juga ialah memberitahukan status studimu kepada pihak yang memberikanmu pekerjaan. Bagaimanapun mereka harus tahu bahwa kamu juga sedang aktif berkuliah sehingga mereka bisa memaklumi kekurangan yang ada dalam dirimu. Seminimalnya mereka bisa memberikan toleransi saat kamu sedang berada pada masa-masa ujian.

 

Simpulan

Kuliah sambil bekerja memang hal yang tidak mudah, namun itu bukan berarti ia mustahil untuk dilakukan. Pandanglah hal ini sebagai tantangan yang harus kamu selesaikan demi mencapai peningkatan bagi dirimu sendiri.

Lagipula saat kamu lulus nanti setidaknya kamu sudah lebih unggul daripada teman-temanmu yang lain. Dengan pengalaman bekerja selama kuliah, kamu sudah mengantongi kemampuan dan pengalaman yang pastinya akan sangat membantu kamu dalam mengembangkan karir kelak.

Jadi, apakah kuliah sambil bekerja masih mustahil?

mm
Arief Ardiansyah is an ESFJ who loves writing. He getting passionate with life sciences, especially with plants and their friends. Now he still study on an undergraduate program at Bandung Institute of Technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *