artikel

The Power dan Importance of Data Science

By  | 

idstalk-dsi (3)

  1. Hallo mas @jamjamyar Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Hi @IDstudentjob,thanks sudah diundang ke #IDStalk, selain mengmbangkan Yayasan dan komunitas Data Science Indonesia sebagai ketua, saya terlibat dalam pengembangan salah satu startup & menjadi konsultan bisnis pada perusahaan yang tertarik masuk ke ranah data analytic. Plus terus menikmati hidup dgn terus menambah sahabat:)

  1. Apa yang membuat mas @jamjamyar tertarik menggeluti isu mengenai data analyst? #IDStalk

Di awal saya pikir saya “terjebak” didunia data analytic ini, dari kuliah hingga kerja pertama di area quantitative. Dulu saya kuliah di jurusan ilmu ekonomi, lalu masuk kerja pertama langsung di industri market research, tapi, yang membuat saya makin tertarik adalah bahwa ternyata data analysis bukan hanya tentang mengolah data. Tapi juga ada seni dalam menyajikan cerita yang tersembunyi di dibalik data tersebut.

  1. @jamjamyar Apa itu Data Science Indonesia dan mengapa akhirnya dibentuk? #IDStalk

Data Science Indonesia awalnya merupakan komunitas yang saya buat bersama temen-temen data analytic professional lainnya, untuk saling belajar dan berjejaring di area data science, melalui project kerjasama dengan sektor public & private. Data Science Indonesia punya 3 aktivitas utama : Mengajarkan, Sosialisi dan Advokasi pemanfaatan data science, tapi belakangan ini kami menyadari Data Science Indonesia tidak hanya bermain di area data science tapi yang lebih penting lagi yaitu sebagai wadah publik dalam hal ini komunitas untuk berkontribusi dalam project atau aktivitas yang memiliki sosial impact.

Kini Data Science Indonesia memiliki badan hukum berbentuk yayasan untuk bisa mengakomodir kegiatan yang lebih besar lagi, bersama member dan pengurus salah satunya @mamechee yang jadi orang penting dibalik socmed @DataScienceIndo ini.

  1. @jamjamyar Apa penting dan manfaat Data Science dalam kehidupan sehari-hari baik di dunia pendidikan maupun pekerjaan? #IDStalk

Pastinya di kehidupan sehari-hari kita pasti menemukan masalah, dan hal mendasar pemecahan masalah adalah, dengan menemukan fakta dan data nya terlebih dahulu, baru dapet diketahui cara untuk menyelesaikannya. Data Science sederhananya merupakan cara mndptkan jawaban dari kumpulan data ataupun mencari solusi berdasarkan data. Ditambah lagi, saat ini dan di masa depan, jutaan data baru terbentuk setiap harinya, baik melalui social media ataupun data digital lainnya seperti data dari sensor maupun aplikasi.

Artinya kita juga memiliki opsi utk mendapatkan jawaban yang lebih kaya dari kumpulan data yg baru ini. Meskipun opsi itu ada, yang paling penting ialah bagaimana menggunakan data yg tepat, dan melakukan pendekatan yang benar untuk penyelesaian masalah, terlepas dari jenis dan ukuran data tersebut.

  1. @jamjamyar Apa saja kegiatan/program yang dimiliki oleh Data Science Indonesia? #IDStalk

Kami memiliki kegiatan yang berdasarkan tiga pilar kami : Edukasi, Berjejaring dan Advokasi. Salah satu kegiatan edukasi kami ialah Data Science Indonesia bootcamp, yang kami adakan gratis untuk 28 student terpilih dari 400 pendaftar yang terdiri dari working professional dan mahasiswa, Data Science Indonesia bootcamp sudah berjalan 3 bulan utk Classroom training Data dan akan dilanjutkan utk Internship dan capstone project di partner kami selama 3 bulan ke depan. Kegiatan  edukasi lainnya,pelatihan programming dasar untuk kebutuhan data science, yang diadakan bersama Coding Indonesia bulan depan.

Sementara itu utk kegiatan sosialisasi dan berjejaring kami sudah mengadakan 3 kali meetup, dan public event “Cerita Data yang akan kami adakan secara regular. Kegiatan Sosialisasi yang terbesar akan kami adakan pada tanggal 3-5 Desember 2016 di Jogjakarta, yaitu International conference. training dan marketplace dari Data Professional dan expert, salah satunya yaitu CTO Cloudera, Amr Awadallah. Kami juga sedang mengerjakan beberapa event lainnya, termasuk Asia Open data Hackathon, dan membantu organize acara Scifi IOT Hackathon dgn Mediatrac dan Makedonia. Untuk lebih lanjut bisa kunjungi facebook kami @datascienceindo

  1. Menurut mas @jamjamyar, bagaimana awareness dan kepedulian masyarakat Indonesia mengenai Data Science? #IDStalk

Awareness masyarakat sudah meningkat meskipun masih di kelompok tertentu saja terutama dari kalangan industri, yang sudah terbuka untuk menggunakan pendekatan advance analytic untuk solve business problem, juga tingginya semangat Open Data di public sector,Government/ NGO/masyrakat yang peduli keterbukaaan info&manfaatan data, plus antusiasme mmber yang tinggi untuk terlibat dalam aktivitas sebagai pengajar,murid/terlibat dalam prject analisis data.

  1. @jamjamyar Apa suka duka yang pernah dirasakan saat bergelut di isu Data Science? #IDStalk

Sukanya,banyak ketemu kenalan dan sahabat baru, belajar banyak hal dari mereka, membantu member mendapatkan pekerjaan, its priceless.  Dukanya hmm lupa, mungkin ketika ada beberapa pihak yang skeptis dengan usaha kami, tapi selama kita bisa do our best untuk deliver yang orang ekspektasikan dari kita, hal-hal seperti itu ga terjadi lagi.

  1. Menurut mas @jamjamyar, apa saja skill yang dibutuhkan untuk bergelut di isu Data Science? #IDStalk

Karena ini merupakan ilmu multidiscipline, ada beberapa yang perlu dipelajari, yang paling umum untuk memulai ialah memahami dasar stastisika, juga paham membuat model matematis. Paham bahasa pemograman untuk membangun algoritma dr model yg dirumuskan sebelumnya, bahasa program yang sekarang sedang naik daun ialah Python, dan yang populer di Indonesia yaitu R programming. Yang terpenting ialah memahami konteks masalahnya, sehingga perlu dikombinasikan dengan ilmu pada domain area tertentu.

Misal transportasi, kesehatan, marketing dll. karena hasilnya akan digunakan sebagai penyelesaian masalah, seorang data scientist tidak bisa membuat model pendekatan masalah jika tidak tahu konteks masalahnya, untuk itu jangan hanya belajar quantiative skills saja. Sekarang sudah banyak materi training yang berkaitan dengan data analysis di @coursera dan @edxonline, Untuk belajar dan praktek programming bisa di @datacamp.

  1. Bagaimana kiat mas @jamjamyar mengasah skill yang yang berkaitan dengan data analyst dan data science? #IDStalk

Kita perlu update mengenai trend terbaru dan menambah referensi beberapa diantaranya http:datasciencecentral.com  , http://oreilly.com  dan http://analyticsvidhya.com , yang paling penting perbanyak praktek langsung, berjejaring dengan orang yang juga bisa mengajak kita terlibat project data science, dan carilah mentor utk bisa memberikan arahan.

  1. Terakhir, apa pesan yang ingin disampaikan mas @jamjamyar kepada anak muda yang sedang menyimak #IDStalk malam ini? #IDStalk

Pesan saya jangan berhenti belajar hal baru, karena kita tidak tahu perubahan drastis yang bisa terjadi di masa depan, jangan cepat puas dengan ilmu yang sekarang, Jangan hanya mengkritisi,prbaikan social welfare bkn hanya tugas pemerintah, anak muda jg harus berkontribusi, Identifikasi bakat terbesarmu, masing-masing punya peranan dan cara yg berbeda dalam berkontribusi, mumpung masih muda buatlah dampak sebesar-besarnya.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *