artikel

Working as a Radio Announcer

By  | 

idstalk-dj-ica_17856845_f42f3a4773fc4fd894df81affaf35ec62fe37f04

 

  1. Hallo mbak @icaasyafrianna Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini?

Alohaa kabarnya baik.. sebaik dia yang masih jadi gebetan.. ciieeee..

  1. Bisa ceritakan bagaimana perjalanan karier mbak @icaasyafrianna sebagai penyiar radio ?

Awal meniti karir di dunia broadcasting itu susah- susah gampang, apalagi buat gue yang gak punya basic tentang broadcast. Waktu SMA banyak yang minta MC untuk acara sweet 17, bayaran kue ultah sama makanan wkwk (gak heran sama badan gue jadinya ya). Gw cuman punya keberanian aja, cantik kagak, sexy kagak, eh sm lumayan punya otak haha (kebetulan gak di gulai sama emak gw). Walaupun nilai MTK gw gak bagus- bagus amat, gw suka baca dan aktif organisasi & gw juga punya modal bisa main sama siapa aja. Mau anak rebel, anak rohis, anak mama, anak orang kaya, anak yang tertukar, anak tukang bubur naik haji, semua gw temenin. Akhirnya dari temen gw itulah gw punya link untuk masuk dunia radio. Masuk ke dunia broadcast itu kayak hutan belantara buat gw. Belajar dari nol, mulai dari awal tapi gue udah yakin sama karir yang satu ini. So i know it’s gonna worth it anyway. Dua hal dalam hidup yang bakal lu sesali kalau gak lu pilih baik-baik. Yang ke1 jodoh yg ke 2 karir (keren ya quotes gw wkwk).

  1. Apa sih makna menjadi seorang penyiar radio kalau menurut mbak @icaasyafrianna dan mengapa memilih berkarir di ranah ini?

Jadi penyiar itu emang gak sesulit memimpin Indonesia, tapi jadi penyiar itu punya beban moril yang besar loh. Karena apa yang keluar dari mulut kita & didengarkan orang banyak dapat menjadi informasi yang di percaya atau malah di permsalahkan. Lah iya kalo infonya bener, kalo salah dan di percaya orang banyak? Apa gak jadi boomerang untuk diri sendiri? Mulut itu bagaikan senapan yang melepaskan tembakan, pelurunya tidak akan bisa kita tarik kembali, sama seperti ucapan. Siapa yang gak mau jadi penyiar, eksis,banyak fans. Keliatannya manis tapi inget butuh kerja keras keringat &air mata.

  1. Jenis skill apa yang harus diperhatikan oleh mereka yang tertarik menjadi penyiar radio?

Penyiar gak mungkin pemalu dan pendiem.  Mending enggak tau malu atau malu-maluin sekalian wkwkwk. Penyiar gak mungkin boleh punya pemikiran sempit, pengetahuannya harus luas, banyak baca, banyak ngobrol, banyak main. Penyiar harus mau mendengarkan. Hal yang sering dilupakan adalah mendengar. Karena penyiar kadang terlalu banyak bicara sehingga dia lupa cara mendengar.

  1. Menurut mbak @icaasyafrianna cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mengasah skill tersebut?

Cuma lu yang tau caranya karena cuma lu yang tau diri lu. Tidak ada orang bodoh di dunia ini yang ada hanya orang malas.

  1. Menurut mbak @icaasyafrianna, bagaimana kesiapan dan kualitas generasi muda saat ini sebagai radio announcer?

Kualitas anak muda jaman sekarang udaah gak usah di tanyain. Mereka keren-keren, mulai dari skill, pengetahuan, gaulnya gila! tapi attitude nya menyedihkan. (Please googling what is attitude hahaha).

  1. Menurut mbak @icaasyafrianna apa yang penting untuk disiapkan anak muda dalam menghadapi perubahan industry dunia kerja khususnya radio?

Pasti digital, radio konvesional itu udah masuk masa senja, semua akan berlomba-lomba menghidupkan streaming radio. Dengerin radio cuman di mobil atau orang-orang daerah yang masih punya radio segede gajah. Sekarang barang yang paling personal buat kita Hp, Laptop dll dari situ terlihat digital sudah berkembang pesat.

  1. Bagaimana perubahan industri siaran radio dari waktu ke waktu?

Belajar yang bener, kerjain skripsi jangan di tunda tunda nikah nya aja dulu yang di tunda haha. Paling penting jangan males belajar dari nol. Dunia digital enggak ada expert nya percaya atau enggak. Banyak orang masih belajar media digital, lahan yang masih banyak permintaan dan kesempatan.  Jangan cepat puas.

  1. Apa saja suka duka mbak @icaasyafrianna sebagai penyiar radio @Dreamersradio ?

Orangnya seru-seru! Kesempatan belajarnya besar, apa lagi kesempatan nonton konser buat live report haha. Kesempatan ketemu orang banyak, kerja cuman 3-4 jam sisanya bisa ngurusin yang lain hehe.  Dukanya awal-awal gaji pasti kecil karena jam siaran masih sedikit, mau cari kerja sampingna waktuny gak pas, pasti dilema wkwk.

  1. Terakhir, apa tips/pesan yang ingin disampaikan mbak @icaasyafrianna kepada seluruh anak muda yang sedang nyimak #IDStalk saat ini?

Pesen gue? Mie goreng satu pake telor sama rawit hahaha. Belajar lah sebelum belajar itu di larang (warkop DKI kali ah). INGAT SABAR BUAHNYA MANIS semanis gebetan temen *eh hahaha. THANK YOU FOR HAVING ME @IDstudentjob !!!

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *