artikel

YOUth4Dev, Wadah Diskusi Pemuda Terkait Pembangunan Berkelanjutan

By  | 

Semarang-29 Maret 2017. Selama satu bulan terakhir terhitung sejak 25 Februari hingga 29 Maret, para pemuda yang tergabung dalam YOUth4Dev (Youth For Development) Indonesia telah sukses menggelar rangkaian acara Pre-Event YOUth4Dev Indonesia bertajuk YOUth4Dev Academy Roadshow. Acara yang diinisiasi oleh alumni dari program YSEALI (Young South East Asian Leaders Initiative) ini dilangsungkan di American Corner di beberapa kota Indonesia yakni Semarang, Surabaya, Malang, Ambon, Makassar, Yogyakarta, Pontianak, dan Padang.

Sejumlah perwakilan komunitas di Indonesia diundang untuk berdiskusi terkait isu pengentasan kemiskinan yang merupakan isu sentral pada upaya realisasi pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia. Disusul jadwal roadshow beberapa kota lainnya di Indonesia seperti Ambon pada 21 – 22 Maret 2017, Makassar pada 23 – 24 Maret 2017, Yogyakarta dan Pontianak pada 25 – 26 Maret 2017 dan Padang pada tanggal 29 – 30 Maret 2017. Acara dengan tajuk Embracing Young Potential ini akan mengundang 34 perwakilan provinsi di seluruh Indonesia dalam kegiatan utama pada tanggal 03 – 07 Mei 2017 bernama YOUth4Dev Academy Boot Camp. Tidak berhenti sampai situ, YOUth4Dev akan melanjutkan project ini hingga tahap implementasi setelah terbentuknya bibit muda dari seluruh Indonesia melalui kegiatan tersebut.

Mengacu kepada isu pembangunan berkelanjutan YOUth4Dev bertujuan untuk mendukung pemerintah dan berbagai stakeholder dalam peningkatan kapasitas pemuda di seluruh Indonesia. YOUth4Dev Academy Bootcamp menyediakan sarana pelatihan agar pemuda dapat berperan dalam pemecahan masalah dalam realisasi Sustainable Development Goals. Para pemimpin muda dari komunitas daerah akan dibekali skill dan pengetahuan yang cukup guna pelaksanaan rangkaian acara selanjutnya dalam implementasi project yang dibuat untuk masyarakat di sekitar.

“Kami berharap agar teman-teman pemuda di Indonesia dapat memahami pentingnya isu-isu terkait Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals, serta dapat berpartisipasi dan berperan secara aktif, bekerja bersama-sama dengan pemerintah dan instansi terkait, dalam mencapai agenda dan target-target pembangunan di tahun 2030,” ungkap Uthia Estiane, selaku Secretary-General dari program YOUth4Dev Academy. YOUth4Dev optimis bahwa pemuda dapat menjadi garda depan guna menciptakan masyarakat yang semakin berdaya di era MEA yang tengah berlangsung.

 

——-

YOUth4Dev merupakan wadah bagi pergerakan pemuda untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), serta pengembangan pengetahuan dan kecakapan para pemuda Indonesia untuk mewujudkan agenda pembangunan dunia di tahun 2030.

Program dari YOUth4Dev Indonesia diinisiasi oleh alumni program YSEALI Academic Fellow on Civic Engangement di Universitas Nebraska, Omaha – Fall Institute 2015, dan mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta serta program YSEALI.

YOUth4Dev Indonesia

www.youth4dev.id

Contact Person: Dini Puspita Hapsari (WhatsApp : +62 8982 2020 92)

hapsari.puspitadini@gmail.com atau youth4dev.id@gmail.com

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *